Pengaruh Penggunaan Media Peta terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Sejarah

This item was filled under [ sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi sejarah: Pengaruh Penggunaan Media Peta terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Sejarah

Mursiti, 2006. skripsi sejarah, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Media pengajaran sangat diperlukan agar pembelajaran sejarah tidak monoton, tidak membosankan. Peta merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempermudah siswa memahami pelajaran sejarah. Permasalahan yang akan diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh Penggunaan Media Peta Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Sejarah di SD Sampangan 03 Semarang.

Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan pengamatan selama 1 semester pada kelas 3,4,5,6 SDN Sampangan 03 pada mata pelajaran IPS sejarah. Penggunaan peta pada mata pelajaran ini akan dikaji untuk mengetahui penggunaan media peta pada peningkatan hasil belajar siswa kelas 3,4,5,6 pada mata pelajaran IPS Sejarah. data yang dipergunakan adalah data sekunder. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari atau berasal dari nilai tes yang diperoleh siswa kelas 3, 4,5,6 SD Sampangan 03 selama 1 semester yaitu semester genap tahun pelajaran 2005/2006. Dalam penelitian ini pengumpulan data juga dilakukan dengan cara mengumpulkan pengamatan terhadap media peta yang digunakan guru kelas pada mata pelajaran sejarah di kelas 3,4,5, dan 6 selama 1 semester. Statistik ini untuk melihat mean, minimal dan maximal serta standar deviasi dari masing-masing variabel.
Hasil Pengamatan selama 1 semester pada mata pelajaran sejarah menunjukkan bahwa kelas 3 dan kelas 6 merupakan kelas yang Media Pengajarannya memakai Media Peta, sedangkan kelas 4 dan kelas 5 tanpa menggunakan peta. Berdasarkan perhitungan Satatistik dapat disimpulkan bahwa hubungan antara penggunaan media peta dengan prestasi hasil belajar siswa adalah signifikan dan linier. Dengan persamaan regresi 5,368 + 1.371 X1 menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu unit skor penggunaan media peta akan menyebabkan kenaikan skor prestasi kerja sebesar 1.371 unit pada konstanta 5.368. Adapun besarnya varians prestasi hasil belajar siswa yang dijelaskan oleh penggunaan media peta adalah sebesar 26.7%. Hasil Pengujian Statistik menunjukkan Hasil pengujian yang dilakukan secara statistik diatas mendukung hipotesa dari penelitian ini yaitu bahwa penggunaan peta dapat menyebabkan nilai yang diperoleh oleh siswa lebih baik. Hasil penelitian pada kelas 3 dan kelas 6 yang menggunakan media peta menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh sebesar 8.1 lebih baik apabila dibandingkan dengan nilai kelas yang tanpa menggunakan peta yaitu hanya sebesar 6.7 Hipotesis nol ditolak karena thitung (7,751) > ttabel (5,23). Hal ini berarti hipotesa yang menyatakan terdapat perbedaan secara signifikan terhadap Nilai Siswa yang menggunakan siswa dan Nilai Siswa yang tidak Menggunakan Peta diterima.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan peta di Sekolah Dasar mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 dan kelas 6 dibandingkan dengan hasil belajar kelas 4 dan kelas 5. Saran dalam penelitian ini adalah Penggunaan peta hendaknya diterapkan di Sekolah Dasar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah.

Download

Pengaruh Penggunaan Media Peta terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Sejarah, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Pengaruh Penggunaan Media Peta terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Sejarah”

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets