PENGARUH PENGUASAAN MATA DIKLAT PRODUKTIF DAN MINAT SISWA TERHADAP KEBERHASILAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI SMK NEGERI I SLAWI

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi Jurusan Akuntansi: PENGARUH PENGUASAAN MATA DIKLAT PRODUKTIF DAN MINAT SISWA TERHADAP KEBERHASILAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI SMK NEGERI I SLAWI

Annisa Safitri. 2006. skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Praktik kerja industri merupakan bagian dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang dilakukan oleh sekolah-sekolah kejuruan. Keberhasilan praktik kerja industri dalam DU/DI yang dibuktikan dengan meningkatnya prestasi praktik kerja industri siswa yang tercermin pada nilai sertifikat yang baik. Keberhasilan tersebut diperoleh dengan perpaduan dari faktor afektif, kognitif dan psikomotorik di setiap siswa. Faktor kognitif dalam penguasaan pengetahuan yang diperoleh siswa diimplikasikan kedalam faktor psikomotorik dalam praktik kerja industri dan didorong oleh minat atau keinginan atau kesadaran atau perasaan senang siswa dalam mengikuti praktik kerja industri sangat berpengaruh dalam keberhasilan praktik kerja industri dalam program PSG di SMK N I Slawi.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penguasaan mata diklat produktif dan minat siswa terhadap keberhasilan praktik kerja industri pada siswa kelas III program keahlian akuntansi di SMK N I Slawi secara simultan maupun parsial ? dan seberapa besar pengaruh penguasaan mata diklat produktif dan minat terhadap keberhasilan praktik kerja industri pada siswa kelas III program keahlian akuntansi di SMK N I Slawi secara simultan maupun parsial ?. Dari permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penguasaan mata diklat produktif dan minat siswa terhadap keberhasilan praktik kerja industri pada siswa kelas III program keahlian akuntansi di SMK N I Slawi secara simultan maupun parsial. Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan mata diklat dan minat siswa terhadap keberhasilan praktik kerja industri pada siswa kelas III program keahlian akuntansi di SMK N I Slawi secara simultan maupun parsial. Serta akan diperoleh manfaat antara lain memberikan masukan pada dunia pendidikan atau sekolah, tentang pentingnya pembekalan teori di sekolah sebelum melaksanakan praktik kerja industri dan mengembangkan kemampuan SMK untuk membekali kemampuan dasar kejuruan kepada siswa sebelum terjun ke dunia usaha/dunia industri, memberikan pengetahuan dan memotivasi siswa dalam belajar dan dalam melaksanakan praktik kerja industri Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III SMK N I Slawi program studi akuntansi yang telah melaksanakan praktik kerja industri taun ajaran 2005/2006. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah mengambil semua populasi untuk menjadi responden berjumlah 118 siswa yang terbagi dalam tiga kelas yaitu III Akuntansi 1, III Akuntansi 2, dan III Akuntansi 3. Variabel yang dikaji yaitu variabel independen yang terdiri dari penguasaan mata diklat produktif dan minat siswa dan variabel dependennya adalah keberhasilan praktik kerja industri. Metode pengumpulan data menggunakan ixdokumentasi dan metode angket. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase, analisis statistik regresi berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas data, multikolonieritas dan heteroskedastisitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan mata diklat produktif dan minat siswa terhadap keberhasilan praktik kerja industri secara simultan maupun parsial. Hal ini berdasarkan analisis data persamaan regresi yaitu ^Y = 41,262 + 0,323X1 + 0,224X2 , dengan uji simultan diperoleh Fhitung sebesar 11,883 dengan probabilitas 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu sebesar 0,05 (5%). Secara parsial dengan menggunakan uji t diperoleh thitung untuk variabel penguasaan mata diklat produktif (X1) sebesar 2,072 dengan probabilitas 0,040 < 0,05 dan besarnya koefisien korelasi diantara penguasaan mata diklat produktif terhadap keberhasilan praktik kerja industri sebesar 0,190. Sedangkan thitung untuk variabel minat siswa (X2) sebesar 3,765 dengan probabilitas 0,000 < 0,05, besarnya koefisien korelasi dari minat siswa terhadap keberhasilan praktik kerja industri sebesar 0,331 yang berarti keberhasilan praktik kerja industri lebih banyak dipengaruhi oleh minat siswa. Besarnya kontribusi yang diberikan oleh variabel penguasaan mata diklat produktif dan minat siswa terhadap keberhasilan praktik kerja industri adalah 3,61% sedangkan variabel minat siswa dalam praktik kerja industri memberikan kontribusi sebesar 10,97%. Besarnya pengaruh dari kedua variabel mencapai 17,1%, selebihnya 82,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi ini. Dari simpulan di atas maka disarankan para siswa harus lebih mempersiapkan dan mengikuti pembelajaran di sekolah dengan lebih baik agar tidak terjadi kesenjangan antara teori dan praktik. Pihak sekolah hendaknya memberikan tempat praktik yang sesuai dengan bidang keahlian siswa dan menjalin kerjasama yang baik dengan pihak industri sebagai tempat praktik, sehingga pada saat praktik siswa lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat praktik. Disarankan pula untuk guru agar dapat memberikan pengarahan pada siswa tentang pentingnya praktik kerja industri bukan hanya semata karena satu syarat kelulusan namun lebih menekankan pada segi manfaat bagi siswa sendiri.

Download

PENGARUH PENGUASAAN MATA DIKLAT PRODUKTIF DAN MINAT SISWA TERHADAP KEBERHASILAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI SMK NEGERI I SLAWI, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets