Pengaruh Perkembangan Vikariat Apostolik Semarang Bagi Partai Katolik Tahun 1940 – 1961

This item was filled under [ sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan sejarah: Pengaruh Perkembangan Vikariat Apostolik Semarang Bagi Partai Katolik Tahun 1940 – 1961

Rilansusanti, L. Dewi Cerealia. 2005. Skripsi jurusan sejarah, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Penulisan ini bertujuan merekontruksi perjalanan Partai Katolik dan VikariatApostolik Semarang antara tahun 1940 – 1961. Perkembangan misi mulaimenunjukkan hasil dengan dibaptisnya 171 orang di Sedangsono tahun 1904. Padatahun-tahun selanjutnya terbentuk Vikariat Apostolik Semarang dengan ciri khasyang membedakan dengan Vikariat Apostolik yang lain. Di wilayah ini berdiri PartaiKatolik. Bagaimana kedua unsur yang berbeda ini saling mempengaruhi danbekerjasama, melalui kegiatan penelitian akan diperoleh jawaban yang akurat.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana latarbelakang terbentuknya Vikariat Apostolik Semarang?, (2) Bagaimana PerkembanganVikariat Apostolik Semarang dalam penyebaran misi-misi Gereja dari tahun 1940sampai tahun 1961?, (3) Bagaimanakah muncul dan perkembangan Partai Katolik diwilayah Vikariat Apostolik Semarang?, (4) Bagaimana pengaruh dan peranan PartaiKatolik bagi perkembangan Vikariat Apostolik Semarang?. Penelitian ini bertujuan:(1) Mengetahui latar belakang terbentuknya Vikariat Apostolik Semarang. (2) Untukmengetahui perkembangan Vikariat Apostolik Semarang dalam penyebaran misimisiGereja dari tahun 1940 – 1961. (3) Mengetahui munculnya dan perkembanganPartai Katolik di wilayah Vikariat Apostolik Semarang. (4) Mengetahui pengaruhdan peranan Partai Katolik pada perkembangan Vikariat Apostolik Semarang.

Pembatasan masalah pada penelitian ini adalah wilayah Apostolik Semarangtahun 1940-1961, dengan terbentuknya Keuskupan Agung Semarang, serta resolusipartai-partai Katolik membentuk partai tunggal yaitu Partai Katolik tahun 1949.Metode dalam penulisan ini adalah metode sejarah.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Gereja atau VikariatApostolik Semarang dan Partai Katolik adalah dua hal yang berbeda, namun VikariatApostolik Semarang tidak membatasi umatnya untuk melakukan kegiatan politikterutama dalam mendukung pemerintahan Republik Indonesia. Hal itu jugamenunjukkan bahwa umat Katolik adalah warga negara Indonesia bukan sepertianggapan selama ini bahwa agama Katolik adalah agama kolonial.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak, serta untukmeningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara pada umat Katolik, terutamauntuk peningkatan karya misi agama Katolik yang akhir ini makin redup.

Download

Pengaruh Perkembangan Vikariat Apostolik Semarang Bagi Partai Katolik Tahun 1940 - 1961, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets