Pengaruh Persepsi Siswa tentang Layanan Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar di kelas

This item was filled under [ Bimbingan Konseling ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (128 votes cast)

Skripsi: Pengaruh Persepsi Siswa tentang Layanan Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar di kelas II SLTP Negeri 1 Doro Pekalongan Tahun Pelajaran 2003/2004.Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. FIP. UNNES.

Rukhil Isnaini. 2004.

Fenomena yang terjadi di SLTP Negeri 1 Doro Pekalongan, menunjukkan ada kecenderungan prestasi belajar siswa masih di bawah batas pengentasan, yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar, terlihat dari sikap siswa yang kurang menyenangi suatu pelajaran tertentu, sering datang terlambat, tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, acuh tak acuh pada saat proses pelajaran berlangsung, anak belajar tanpa persiapan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Gejala kurangnya motivasi belajar antara lain: rendahnya kesadaran untuk membaca buku pelajaran, kurangnya keingintahuan terhadap permasalahan pelajaran, kurang optimalnya siswa pada saat membuat tugas yang diberikan guru. Untuk mengatasi tersebut, guru BK telah menyampaikan layanan pembelajaran dengan maksud agar siswa mampu memahami tujuan belajar dan cara belajar efektif sehingga mencapai hasil yang optimal. Namun demikian, masih juga gejala-gejala motivasi belajar yang rendah. Diprediksikan, berkaitan dengan persepsi siswa tentang layanan pembelajaran yang kurang baik. Melalui penelitian diungkap secara empiris gejala-gejala tersebut dan pengaruhnya terhadap motivasi belajarnya. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Seberapa besar tingkat persepsi siswa tentang layanan pembelajaran. 2) Seberapa besar tingkat motivasi belajar siswa, 3) Apakah ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang layanan pembelajaran terhadap motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tingkat persepsi siswa tentang layanan pembelajaran, 2) Tingkat motivasi belajar siswa dan 3) menguji secara empiris ada tidaknya pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang layanan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Hipotesis penelitian ini ada tiga yaitu: 1) Persepsi siswa kelas II SLTP Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan tentang layanan pembelajaran dalam kategori rendah. 2) Motivasi belajar siswa kelas II SLTP Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan dalam kategori rendah. 3) Ada pengaruh positif yang signifikan persepsi tentang layanan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas II di SLTP Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2003/2004.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SLTP Negeri 1 Doro Pekalongan tahun pelajaran 2003/2004 sebanyak 179. Sampel diambil secara proporsional random sampling sebanyak 124 siswa. Variabel yang diteliti ada dua yaitu persepsi siswa tentang layanan pembelajaran sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat. Data diambil dengan skala psikologis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t dan analisis regresi.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat persepsi siswa tentang layanan pembelajaran mencapai 61.9738%, dan diperoleh thitung (-1.028) dengan probabilitas 0.306 > = 0.05, yang berarti persepsi siswa tentang cara penyampaian dan materi layanan pembelajaran oleh guru pembimbing dalam kategori rendah. Tingkat motivasi belajar siswa mencapai 62.3854%, dan diperoleh thitung (-0.204) dengan probabilitas 0.839 > = 0.05, yang berarti motivasi belajar siswa dalam kategori rendah, yang berarti keinginan belajar siswa ingin mengetahui seluk beluk masalah masih kurang, kurang kesadaran kemauan senang membaca, kurang tekun menghadapi tugas, kurang ulet menghadapi kesulitan, minat terhadap suatu masalah belajar masih rendah, dan kurang senang bekerja mandiri Hasil analisis regresi diperoleh F hitung sebesar 73.809 dengan probabilitas 0.000 < = 0.00, yang berarti ada pengaruh yang signifikan persepsi layanan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di kelas II SLTP Negeri 1 Doro Pekalongan Tahun Pelajaran 2003/2004.

Simpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Persepsi siswa kelas II SLTP Negeri 1 Doro Pekalongan dalam aktegori rendah, 2) Motivasi belajar siswa kelas II SLTP Negeri 1 Doro Pekalongan dalam kategori rendah. 3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang layanan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Berkaitan dengan hasil penelitian ini dapat disarankan pada guru BK: 1) Kepada guru BK, hendaknya dapat mengubah persepsi siswa tentang layanan pembelajaran menjadi lebih baik, dengan cara memperdalam materi layananan seperti cara belajar yang efektif, strategi menghadapi tes, cara efektif menggunakan waktu, meringkas buku bacaan dan cara mengikuti pelajaran yang diberikan dengan pemberian contoh-contoh konkrit. 2) Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang cara penyampaian guru pembimbing pada saat menyampaikan materi layanan dalam kategori rendah, maka hendaknya mengedepankan kejelasan, kedalaman materi, penampilan, kesiapan guru, dan penyampaian materi lebih ditikberatkan pada cara dan kebiasaan belajar yang positif.

Download

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Layanan Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar di kelas, 4.7 out of 5 based on 128 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets