Pengaruh Persiapan fisik dan Persiapan Materi Perkuliahan terhadap Kesiapan Mahasiswa Mengikuti Perkuliahan pada Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (110 votes cast)

Skripsi jurusan sejarah: ”Pengaruh Persiapan fisik dan Persiapan Materi Perkuliahan terhadap Kesiapan Mahasiswa Mengikuti Perkuliahan pada Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang”.

Ika Yudaningsih.2004.Skripsi jurusan sejarah, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa hanya beberapa mahasiswa saja yangsiap dalam mengikuti perkuliahan. Hal ini dapat dilihat dari pasifnya mahasiswa saatmenghadapi perkuliahan, baik dalam menjawab pertanyaan dosen maupun bertanyapada dosen, demikian juga dengan banyaknya kecurangan-kecurangan dalam Ujianmaupu8n saat mengerjakan tugas seperti mencontek yang dilakukan olehmahasiswa.kondisi ini dimungkinkan karena kurang siapnya baik dari segi fisikmaupun materi perkuliahan oleh mahasiswa.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimankahpersiapan fisik dan persiapan materi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan padaJurusan Geografi ? (2) adakah pengaruh yang nyata antara persiapan fisik danpersiapan materi terhadap kesiapan mahasiswa menghadapi perkuliahan pada JurusanGeografi FIS UNNES. Manfaat dari penelitian ini antara lain : (1) Memberikangambaran kepada Jurusan tentang persiapan perkuliahan mahasiswa dan kondisiperkuliahan mahasiswa sebagai masukan dalam mengambil kebijakan untukmemajukan Sumber Daya Manusia di Jurusan Geografi. (2) Memberikan informasipada mahasiswa cara mempersiapkan diri yang baik dalam menghadapi perkuliahan.(3) memberi masukan pada dunia pendidikan tentang faktor-faktor yang sangatmempengaruhi kesiapan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Geografi FIS UNNESsebanyak 182 mahasiswa. Karena persebaran populasi pada kelas-kelas berdasarkantingkat semester dan program studi, maka untuk mendapatkan sampel yang dapatmewakili populasi yang ada sampel diambil dengan tehnik stratified proportionalrandom sampling sebanyak 47 mahasiswa. Variabel yang diteliti ada 3, yaitupersiapan fisik, persiapan materi perkuliahan sebagai variabel bebes dan kesiapanmengikuti perkuliahan sebagai variabel terikat. Data diambil dengan tehnik angket,dan analisis data menggunaka analisis regrsi ganda.sebelum melaksanakan penelitian, diadakan ujicoba penelitian untuk mengujivaliditas instrumen. Ada 28 soal yang diujicobakan pada 20 responden, berdasarkanhasil analisis validitas, diperoleh rxy untuk setiap item lebih besar dari pada rtabel padan = 20 yaitu 0,444 yang berarti instrrrumen tersebut valid. Dan hasil dari analisisrealibilitas setiap instrumen mempunyai koefisien releabilitas lebih besar dari rtabel(0,444) yang berarti instrumen tersebut reliabel.

Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yamg nyata signifikanantara persiapan fisik terhadap kesiapan mahasiswa Jurusan Geografi FIS UNNESmenghadapi perkuliahan . hal ini dapat dilihat dari hasil ji Parsial diperoleh thitunguntuk persiapan fisik sebesar -0,346 dengan probabilitas 0,731>0,05 yang berartihipotesis ditolak. Sedangkan sumbangan efektif dari persiapan fisik terhadap kesiapanmengikuti perkuliahan hanya 0,3 %. Dan hasil uji Parsial untuk persiapan materiterhadap kesiapan mengikuti perkuliahan diperoleh thitumh 3,101 dengan probabilitas0,005 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang nyata antara persiapan materiperkuliahan terhadap kesiapan mahasiswa Jurusan Geografi mengikuti perkuliahandengan sumbangan efektif 18,5 %. Jadi secara keseluruhan sumbangan efektif yangdiberikan antara persiapan mfisik, persiapan materi perkuliahan terhadap kesiapanmahasiswa menghadapi perkuliahan sebesar 18,8 % dan yang 81,2% dipengaruhi olehaktor-faktor lain diluar persiapan fisik maupun persiapan materi perkuliahan.

Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa yangberpengaruh terhadap kesiapan mahaiswa Jurusan Geografi dalam mengikutiperkuliahan adalah kesiapan materi. Disarankan pada mahasiswa anatara lain : (1)bagi mahasiswa Jurusan Geografi FIS UNNES hendaknya dapat lebih meningkatkanpersiapan materi untuk dapat mengikuti perkuliahan secara baik. (2) Bagi mahasiswayang mempunyai persiapan fisik yang baik, hendaknya diikuti dengan persiapanmateri yang lebih baik sehingga hasil perkuliahan lebih optimal.Untuk meningkatkan persiapan materi yang baik mahasiswa dapat melakukanbeberapa hal sebagai berikut : (1) melengkapi buku-buku pelajaran. (2) membuatrangkuman. (3) Mencatat hal-hal penting. (4) membaca secara efektif. (5)menganalisis soal dan tugas. (6) teratur dalam belajar.

Download

Pengaruh Persiapan fisik dan Persiapan Materi Perkuliahan terhadap Kesiapan Mahasiswa Mengikuti Perkuliahan pada Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang, 4.9 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets