Pengaruh Perubahan Penampang Terhadap Kehilangan Energi Pada Pipa Jenis Polivinil Chlorida (PVC)

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik sipil: Pengaruh Perubahan Penampang Terhadap Kehilangan Energi Pada Pipa Jenis Polivinil Chlorida (PVC)

Sutrisno, 2005. Skripsi teknik sipil, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Kehilangan energi adalah salah satu gangguan atau hambatan yang tidak bisa dihindari pada suatu aliran air, sehingga menyebabkan aliran menjadi tidak normal. Usaha yang perlu dilakukan adalah meminimalisir kehilangan energi dengan perencanaan yang matang.
Penelitian ini ingin mengetahui besar kehilangan energi pada pipa uji jenis polivinil chlorida (PVC) dengan merancang alat ukur kehilangan energi dengan mencontoh fluid friction apparatus yang ada di Politeknik Negeri Semarang (POLINES).
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah besar kehilangan energi pada pipa lurus dengan diameter konstan (½ “dan ¾ “) dan pipa lurus mengalami perubahan penampang (½ “ke ¾ “ dan ¾ “ke ½ “).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi eksperimen laboratorium. Variabel bebasnya adalah perubahan penampang pipa dan panjang pipa sedangkan variabel terikatnya adalah kehilangan energi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan dengan tabel rancangan pengamatan. Analisis data yang digunakan adalah metode deskripsi.
Hasil analisis: (a). pada pipa lurus ½ “ berdiameter konstan didapatkan rata-rata kecepatan (V) sebesar 2.0912 m/dt, rata-rata kehilangan energi (hf) teori sebesar 0.3499 meter dan kehilangan energi manometer (hf) 0.172 meter. (b). Pada pipa lurus ¾ “ rata-rata kecepatan (V) 1.1032 m/dt, rata-rata kehilangan energi (hf) teori 0.07655 m dan kehilangan energi (hf) manometer 0.0343 m. (c) Perubahan penampang pipa ekspansi rata-rata kecepatan (V) 3.0535 m/dt, rata-rata kehilangan (hf) teori 0.1446 m dan kehilangan energi (hf) manometer 0.126 m. (d). Perubahan penampang pipa kontraksi rata-rata kecepatannya (V) 2.4322 m/dt. Rata-rata kehilangan energi (hf) teori 0.1327 m, dan kehilangan energi (hf) manometer 0.139 m.
Hasil analisis pada pipa lurus ½ ” da ¾ ” dianggap bahwa besarnya kehilangan energi pada pipa lurus sangat dipengaruhi oleh kecepatan aliran. Pada pengujian pipa lurus mengalami perubahan penampang terjadi perbedaan kecepatan aliran dan kehilangan energi yang membentuk garis lurus yang ditunjukan pada grafik yang berarti bahwa kehilangan energi sangat dipengaruhi oleh kecepatan aliran air dan perubahan penampang (koefisien perubahan penampang). Secara keseluruhan ada perbedaan kehilangan energi hasil pengamatan manometer dengan kehilangan energi analisis teori, yang dimungkinkan karena faktor sesitifitas alat dan proses pengamatan selama pengukuran.
Saran yang diajukan adalah hendaknya alat di sempurnakan lagi untuk mendapatkan ketepatan pengukuran yang lebih baik. Panjang pipa dan diameter pipa merupakan salah satu parameter yang menyebabkan kehilangan energi, untuk meminimalisir perlu perencanaan dan penataan jaringan pipa yang disesuaikan kebutuhan. Untuk mengetahui lebih detail tentang pengaruh kecepatan aliran terhadap kehilangan energi perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, terutama dengan mengatur tekanan aliran air sehingga kecepatan aliran dapat diatur.

Download

Pengaruh Perubahan Penampang Terhadap Kehilangan Energi Pada Pipa Jenis Polivinil Chlorida (PVC), 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets