Pengaruh Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, Minat, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Tahun 2001

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Tugas akhir akuntansi : “Pengaruh Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, Minat, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Tahun 2001”

Harniasih,Wahyuana.2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Mata kuliah Analisis Laporan Keuangan adalah mata kuliah yang penting bagimahasiswa calon pendidik Akuntansi. Proses Akuntansi Keuangan menghasilkanlaporan keuangan, yang akan menjadi sumber utama dalam melaksanakan analisislaporan keuangan. Faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain minatdan lingkungan belajar. Kenyataan di lapangan menunjukkan masih rendahnya minatbelajar mahasiswa terhadap mata kuliah Analisis Laporan Keuangan dan lingkunganbelajar yang mempengaruhinya sehingga prestasi belajar Analisis Laporan Keuanganbelum maksimal.

Permasalahan dalam penelitian ini : 1) Bagaimana gambaran umum lokasipenelitian di Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang? 2)Bagaimana prestasi belajar Akuntansi Keuangan, minat belajar, lingkungan belajardan prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Program StudiPendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas NegeriSemarang angkatan tahun 2001? 3)Bagaimana pengaruh prestasi belajar AkuntansiKeuangan, minat, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Analisis LaporanKeuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan EkonomiFakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001 secaraparsial maupun simultan ? Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui: 1)Gambaran umum lokasi penelitian di Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu SosialUniversitas Negeri Semarang.2) Prestasi belajar Akuntansi Keuangan, minat belajar,lingkungan belajar dan prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan MahasiswaProgram Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu SosialUniversitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001.3) Pengaruh prestasi belajarAkuntansi Keuangan, minat, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajarAnalisis Laporan Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi JurusanEkonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001secara parsial maupun simultan.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan Akuntansitahun 2001 sebanyak 74 mahasiswa. Populasi ini sekaligus sebagai sempel. Variabelbebas dalam penelitian ini adalah prestasi belajar Akuntansi Keuangan, minat belajardan lingkungan belajar, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar AnalisisLaporan Keuangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dandokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase,metode analisis regresi linier berganda, uji simultan, uji parsial, koefisiendeterminasi, evaluasi ekonometrika yang terdiri dari uji normalitas data, ujimultikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas.

Hasil penelitian dipeoleh F hitung = 9,102 dengan probabilitas 0,000 < 0.05.Secara parsial diperoleh thitung untuk prestasi belajar Akuntansi Keuangan sebesar –1,072 dengan probabilitas 0, 288 > 0,05. Nilai thitung untuk variabel minat belajarsebesar 2,163 dengan probabilitas 0,034< dari 0,05. Nilai thitung untuk lingkunganbelajar sebesar 3.312 dengan probabilitas 0.001 < 0,05. Sumbangan minat belajardan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan masingmasingsebesar 6% dan 14%. Secara simultan prestasi belajar Akuntansi Keuangan,minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Analisis LaporanKeuangan sebesar 28,1%.

Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat lima program studi pada jurusanEkonomi FIS UNNES, sebagian mahasiswa memiliki prestasi belajar AkuntansiKeuangan dan Analisis Laporan Keuangan yang baik, minat yang tinggi, lingkunganyang baik. Ada pengaruh antara prestasi belajar Akuntansi Keuangan, minat danlingkungan belajar terhadap prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan. Tidak adapengaruh antara prestasi belajar Akuntansi Keuangan terhadap prestasi belajarAnalisis Laporan Keuangan. Ada pengaruh antara minat belajar terhadap prestasibelajar Analisis Laporan Keuangan. Ada pengaruh antara lingkungan belajar terhadapprestasi belajar Analisis Laporan Keuangan. Saran dari penulis yaitu : 1) Untukmencapai prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan yang optimal mahasiswadiharapkan lebih memahami laporan keuangan 2) Hendaknya mahasiswa dapatmeningkatkan kesadaran belajar mahasiswa untuk meningkatkan belajar dalamrangka meningkatkan prestasi belajar yang optimal. 3) Hendaknya mahasiswa dapatmengatur waktu belajarnya dengan memberikan prioritas utama pada pemanfaatansebagian waktu untuk belajar. 4) Bagi pengelola kampus hendaknya dapatmenciptakan kondisi lingkungan belajar yang baik yang memberikan rasa nyamanbagi mahasiswa untuk belajar sehingga dapat diperoleh prestasi belajar yangoptimal.5) Bagi dosen jurusan ekonomi hendaknya dapat meningkatkan kinerjasehingga dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan prestasi belajar

Download

Pengaruh Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, Minat, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Tahun 2001, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets