Pengaruh Produk, Pelayanan, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Pasar Swalayan Indo Rizky Purbalingga

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan pendidikan ekonomi : Pengaruh Produk, Pelayanan, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Pasar Swalayan Indo Rizky Purbalingga.

MUJIROH. 2005. Jurusan pendidikan ekonomi, FakultasIlmu sosial. Universitas Negeri Semarang.

Bertambahnya jumlah pasar swalayan dan toko-toko baru di kota Purbalingga, menyebabkan persaingan semakin ketat. Hal ini mengakibatkan pasar swalayan Indo Rizky Purbalingga mengalami penurunan jumlah konsumen. Untuk itu, pemilik perusahaan berusaha mempertahankan pelanggannya supaya mereka tidak beralih ke pesaingnya. Adapun yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli adalah tersedianya beraneka ragam produk, kualitas produk yang baik, lokasi yang strategis, pelayanan dan fasilitas yang memuaskan. Pengamatan sementara menunjukkan bahwa produk, pelayanan, dan lokasi yang ditawarkan kurang memuaskan. Adanya fenomena inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Produk, Pelayanan, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Pasar Swalayan Indo Rizky Purbalingga”

Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang timbul adalah adakah pengaruh produk, pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian, seberapa besar pengaruh produk, pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian, dan faktor manakah di antara produk, pelayanan, dan lokasi yang memberikan pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian konsumen pada pasar swalayan Indo Rizky Purbalingga. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh produk, pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui besarnya pengaruh produk, pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian, dan utuk mengetahui faktor manakah di antara produk, pelayanan, dan lokasi yang memberikan pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian konsumen pada pasar swalayan Indo Rizky Purbalingga.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang kebetulan berkunjung dan membeli di pasar swalayan Indo Rizky Purbalingga. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling yang berjumlah 105 orang. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel bebas yaitu produk, pelayanan, dan lokasi, sedangkan sebagai variabel terikat adalah keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan wawancara. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan teknik analisis regresi berganda. sebesar 79,053 Dari hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitungsedangkan F 3,0864. dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya secara tabelsimultan produk, pelayanan, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk di pasar swalayan Indo Rizky Purbalinggga. Koefisien determinasi 2) sebesar 0,701 berarti pengaruh yang diberikan variabel produk, pelayanan, dan (R lokasi terhadap keputusan pembelian sebesar 70,1 %. Sedangkan sisanya 29,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Secara parsial diperoleh t = 2,911, t = 6,231, dan t = 5,864 dan t 1,983 artinya Ho 1 2 3 tabelditolak, sehingga secara parsial produk, pelayanan, dan loksi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

Simpulan dari hasil penelitian yaitu ada pengaruh produk, pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada pasar swalayan Indo Rizky Purbalingga. Pengaruh secara simultan sebesar 70,1 % dan secara parsial besarnya = 7,73 %, variabel X = 27,77 %, dan variabel X sebesar pengaruh variabel X1 2 3 25,40%. Saran yang dapat diberikan adalah pihak swalayan hendaknya memperhatikan kualitas produk, harga, kelengkapan produk dan jaminan yang ditawarkan sehingga konsumen akan merasa puas. Mengenai lokasi hendaknya disediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung kelancaran konsumen dalam berbelanja. Mengenai pelayanan, hendaknya lebih diperhatikan terutama unsur kecepatan, ketepatan, keamanan, keramahan, dan kenyamanan karena variabel pelayanan mempunyai pengaruh terbesar dalam keputusan pembelian di pasar swalayan Indo Rizky.

Download

Pengaruh Produk, Pelayanan, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Pasar Swalayan Indo Rizky Purbalingga, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets