Pengaruh Sikap Ilmiah dan Konstruktif Mahasiswa pada Waktu Perkuliahan terhadap Prestasi Belajar Struktur Kayu

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (127 votes cast)

Skripsi Teknik Sipil : Pengaruh Sikap Ilmiah dan Konstruktif Mahasiswa pada Waktu Perkuliahan terhadap Prestasi Belajar Struktur Kayu

Emirianti, Prima. 2005. Skripsi Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Pendidikan merupakan hal yang dilakukan manusia sepanjang hidupnya melalui kegiatan belajar. Proses dan hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah sikap dalam hal ini sikap ilmiah dan konstruktif. Kebanyakan mahasiswa kurang dapat mengembangkan sikap ilmiah dan konstruktif pada saat perkuliahan berlangsung padahal sikap ilmiah dan konstruktif sangat penting untuk dikembangkan sebagai salah satu faktor yang dapat mendorong pencapaian prestasi belajar yang diharapkan. Bertolak dari hal di atas diperlukan suatu penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sikap ilmiah dan konstruktif mahasiswa pada waktu perkuliahan terhadap prestasi belajar Struktur Kayu.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Teknik Sipil tahun akademik 2002/2003 yang terdiri dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), D3 Teknik Sipil, S1 Teknik Sipil reguler dan paralel dengan jumlah keseluruhan 142 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dimana diambil 50% dari populasi sehingga diperoleh 73 mahasiswa yang menjadi sampel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sikap ilmiah mahasiswa pada waktu perkuliahan (X1) dan sikap konstruktif mahasiswa pada waktu perkuliahan (X2), sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar Struktur Kayu (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Analisis ujicoba instrumen dilakukan terhadap validitas dan reliabilitas item/instrumen dimana hasil validitas rata-rata dari X1 = 0,608, hal mana menunjukkan tingkat validitas tinggi dan validitas rata-rata dari X2 = 0,603, hal mana menunjukkan tingkat validitas tinggi. Hasil reliabilitas instrumen untuk sikap ilmiah dan konstruktif diperoleh masing-masing sebesar0,939 dan 0,938. Analisis data terhadap analisis uji normalitas dan homogenitas data, dimana hasil uji normalitas sikap ilmiah ?2 hitung = 1,4010; sikap konstruktif ?2 hitung = 4,2025; prestasi belajar ?2 hitung = 4,2706 dengan ?2 tabel untuk taraf signifikasi 5% dengan dk = 3 adalah 7,81, karena ?2 hitung < ?2 tabel maka data sikap ilmiah, sikap konstruktif dan prestasi belajar berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas sikap ilmiah terhadap prestasi belajar ?2 hitung = 33,494 dengan ?2 tabel = 52,19; sikap konstruktif terhadap prestasi belajar ?2 hitung = 13,477 dengan ?2 tabel = 47,40; karena ?2 hitung < ?2 tabel maka data sikap ilmiah, sikap konstruktif dan prestasi belajar homogen.

Hasil Analisis regresi sederhana dari Y = 45,960 + 0,356 X1 dengan taraf signifikasi 5% menunjukkan besar pengaruh, bahwa setiap peningkatan sikap ilmiah mahasiswa pada waktu perkuliahan dapat diprediksikan bahwa prestasi belajar Struktur Kayu akan meningkat sebesar 0,356 kali besarnya peningkatan sikap ilmiah dan dari analisis determinasi (r2 = 28,9%) menunjukkan tingkat pengaruh yang rendah. Analisis korelasi dilakukan untuk mengetahui tingkat hubungan antar variabel dengan hasil y x r1= 0,538, halmana menunjukkan tingkat hubungan yang sedang. Regresi sederhana dari Y = 42,431 + 0,386 X2 dengan taraf signifikasi 5% menunjukkan besar pengaruh, bahwa setiap peningkatan sikap konstruktif mahasiswa pada waktu perkuliahan dapat diprediksikan bahwa prestasi belajar Struktur Kayu akan meningkat sebesar 0,386 kali besarnya peningkatan sikap konstruktif dan dari analisis determinasi (r2 = 35,8%) menunjukkan tingkat pengaruh yang rendah.

Analisis korelasi dilakukan untuk mengetahui tingkat hubungan antar variabel dengan hasil y x r2= 0,598, halmana menunjukkan tingkat hubungan yang sedang. Regresi ganda dari persamaan Y= 36,725 + 0,187 X1 + 0,278 X2 dengan taraf signifikasi 5% menunjukkan besar pengaruh, bahwa setiap peningkatan sikap konstruktif mahasiswa pada waktu perkuliahan dapat diprediksikan bahwa prestasi belajar Struktur Kayu akan meningkat sebesar 0,187 dan 0,278 kali besarnya peningkatan sikap ilmiah dan konstruktif serta analisis determinasi (R2 = 40,94%) menunjukkan tingkat pengaruh yang tinggi. Prestasi belajar Struktur Kayu yang dicapai mahasiswa menunjukkan adanya sumbangan efektif sebesar 28,9% dari sikap ilmiah, 35,8% dari sikap konstruktif mahasiswa, dan secara bersama-sama dapat memberikan sumbangan efektif sebesar 40,94 %. Berarti sebesar 59,06% (kekurangannya) dapat ditentukan oleh faktor lainnya yang belum terungkap dalam penelitian ini, sehingga perlu dilakukan penelitian terhadap faktor lainnya yang diperkirakan dapat memberikan sumbangan efektif cukup besar dari faktor yang sudah diteliti.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah dan konstruktif mahasiswa pada waktu perkuliahan memberikan pengaruh yang positif meningkatnya prestasi belajar Struktur Kayu baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama, dengan tingkat hubungan rata-rata sedang dan tingkat pengaruh rendah dan secara bersama-sama dapat menunjukkan tingkat hubungan yang kuat dan tingkat pengaruh yang sedang dengan sumbangan efektif sebesar 40,94%. Oleh karena itu, disarankan kepada mahasiswa untuk dapat lebih mengembangkan sikap ilmiah dan konstruktifnya pada waktu perkuliahan dan menciptakan kondisi belajar yang proporsional, mendukung konsentrasi belajar, serta mampu memanfaatkan proses bimbingan dengan dosen untuk bertanya mengenai materi kuliah Struktur Kayu yang telah diberikan sehingga prestasi belajar yang diharapkan dapat tercapai.

Download

Pengaruh Sikap Ilmiah dan Konstruktif Mahasiswa pada Waktu Perkuliahan terhadap Prestasi Belajar Struktur Kayu , 4.9 out of 5 based on 127 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets