Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Mata Diklat Teknik Audio ± Video SMK Negeri di Kota Semarang

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (45 votes cast)

skripsi jurusan Teknik Elektro: Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Mata Diklat Teknik Audio ± Video SMK Negeri di Kota Semarang

Rizky Agustian Khaqqi, (2009). Skripsi Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Profesionalisme berkembang sesuai dengan kemajuan masyarakat modern.Hal ini menuntut beraneka ragam spesialisasi yang sangat diperlukan dalammasyarakat yang semakin kompleks. Masalah profesi kependidikan sampaisekarang masih banyak diperbincangkan, baik di kalangan pendidikan maupun diluar pendidikan. Jabatan guru merupakan jabatan profesional, dan sebagai jabatanprofesional pemegangnya harus memenuhi kualifikasi profesi tertentu. Apakahprofesionalisme guru mata diklat Teknik Audio – Video SMK Negeri di KotaSemarang dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, pelatihan dan pengalamanmengajar dan faktor manakah yang paling dominan diantara tingkat pendidikan,pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru mata diklatTeknik Audio – Video SMK Negeri di Kota Semarang.

Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru Sekolah MenengahKejuruan Negeri (SMK N) di Kota Semarang. Teknik sampel dalam penelitian inimenggunakan purposive sampling. Sampel sebanyak 36 responden yang terdiridari guru setiap SMK Negeri yang menjadi populasi penelitian. Jumlah sampeltersebut berdasarkan data guru dari Dinas Pendidikan Kota Semarang. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik dokumentasidan teknik angket. Selanjutnya hasil angket responden dari masing-masingindikator dianalisis, kemudian menghitung skor angket yang diperoleh ke dalambentuk deskriptif persentase dan dianalisis dengan menggunakan regresi gandatiga prediktor.
Berdasarkan hasil penelitian tingkat pendidikan, pelatihan danpengalaman mengajar mempunyai pengaruh secara simultan sebesar 23,60 %, danF hitung diperoleh 3,30, harga tersebut dikonsultasikan dengan F tabel dengantaraf kesalahan 5% diperoleh 2,90. Karena F hitung lebih besar dari F tabel makauntuk taraf kesalahan 5% (3,30 > 2,90), maka dapat disimpulkan tingkatpendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar mempengaruhi profesionalismeguru mata diklat Teknik Audio – Video SMK Negeri di Kota Semarang.
Saran dari penulis ini yaitu Guru diharapkan meningkatkanprofesionalismenya baik dalam hal tingkat pendidikan, pelatihan dan pengalamanmengajar, maupun pelaksanaan pembelajaran, dan prestasi akademik sesuai yangdiamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005Tentang Guru dan Dosen. Para calon peneliti dapat menggunakan variabel bebaslain sebagai variabel yang mempengaruhi profesionalisme guru.

Download

Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Mata Diklat Teknik Audio ± Video SMK Negeri di Kota Semarang, 5.0 out of 5 based on 45 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets