Pengaruh Variasi Campuran Kadar Air Pada Pasir Cetak Basah Dengan Bahan Pengikat Bentonit Terhadap Permeabilitas Dan Kekuatan Tekan

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (127 votes cast)

Skripsi Teknik Mesin : “Pengaruh Variasi Campuran Kadar Air Pada Pasir Cetak Basah Dengan Bahan Pengikat Bentonit Terhadap Permeabilitas Dan Kekuatan Tekan”

Andika Agus Purwono, 2005, Skripsi Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Campuran kadar air pada bahan pengikat (bentonit) akan mempengaruhi kemampuan alir gas (permeabilitas) dan kekuatan tekan. Tujuan penelitian ini adalah ingin membuktikan bahwa dengan merubah variasi campuran kadar air sebesar 10%, 11%, 12% dan 13%, pada pasir cetak basah dengan bahan pengikat bentonit dapat menyebabkan perbedan kemampuan alir gas (peremabilitas) dan kekuatan tekan, dengan menggunakan bahan pasir campuran (kali 80% dan silika 20%). Serta untuk mengetahui campuran kadar air pada masing-masing sampel penelitian yang menyebabkan permeabilitas dan kekuatan tekan dapat optimal.

Data diperoleh dengan cara mengukur besarnya kemampuan alir gas (permeabilitas) dengan alat Permeability Meter, untuk kekuatan tekan diukur dengan Universal Strength Machine. faktor lain yang kemungkinan mempengaruhi hasil pengukuran dikontrol atau dikendalikan. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen acak sempurna. Analisis datanya mengunakan analisis varians satu arah.

Kesimpulan yang didapat menujukkan bahwa ada perbedaan antara variasi campuran air pada pasir cetak basah dengan bahan pengikat bentonit terhadap kemampuan alir gas (permebilitas) dan kekuatan tekan. Campuran kadar air pada pasir cetak dengan bahan pengikat bentonit yang paling optimal pada masing-masing sampel penelitian adalah pada campuran kadar air 10% menghasilkan permeabilitas 54,63 cm3/menit dan kekuatan tekan 50,25 kN/m2. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bagi industri pengecoran logam yang mengunakan cetakan pasir basah dengan pasir campuran agar pencampuran kadar airnya sebesar 10% pada cetakan yang digunakan.

Download

Pengaruh Variasi Campuran Kadar Air Pada Pasir Cetak Basah Dengan Bahan Pengikat Bentonit Terhadap Permeabilitas Dan Kekuatan Tekan, 4.9 out of 5 based on 127 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets