PENGARUH VARIASI PUTARAN CEKIK TERHADAP LAJU PENGEBORAN PADA MESIN BOR DENGAN KONTROL ELEKTROPNEUMATIK

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

Skripsi. JURUSAN teknik mesin: PENGARUH VARIASI PUTARAN CEKIK TERHADAP LAJU PENGEBORAN PADA MESIN BOR DENGAN KONTROL ELEKTROPNEUMATIK

Kuswono Yunianto, 2006. Skripsi. JURUSAN teknik mesin FAKULTAS teknik UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2005/2006

Udara bertekanan disebut juga udara terkompresi, tekanan udara terkompresi memiliki batas-batas tertentu. Menurut hukum alam, udara bertekanan memiliki energi. Pengertian dari pneumatik adalah ilmu yang mempelajari tentang gerakan udara yang dapat dimanfaatkan untuk dapat menghasilkan tenaga dan kecepatan.

Tujuan dari pembuatan mesin bor dengan kontrol elektropneumatik adalah guna meningkatkan ketrampilan dan kemampuan mahasiswa yang telah merancang tugas akhir elektropneumatik yang sebelumnya hanya dapat diketahui melalui mata kuliah teori saja, memberikan masukan positif kepada pembaca dengan menyajikan gagasan ilmiah mengenai sistem pneumatik, mengetahui pengaruh varisi putaran cekik terhadap laju pengeboran.
Komponen-komponen penyusun yang terdapat dalam mesin bor dengan sistem kontrol elektropneumatik terdiri dari; Unit tenaga yang mencangkup kompresor, tangki udara bertekanan dan air service unit ; Aktuator yang mencangkup silinder; Unit pengatur yang mencangkup katup-katup baik katup solenoid dan katup cekik serta rangkaian kontrol yang berfungsi sebagai sistem kontrol penggerak.
Langkah-langkah pengambilan data dalam menganalisis pengaruh variasi putaran cekik terhadap laju pengeboran antara lain: hidupkan kompresor sampai tekanan minimal 4 bar, hidupkan rangkaian kontrol elektropneumatik (sensor-sensor), hidupkan mesin bor, pengambilan data di lakukan masing-masing tiga kali percobaan. Dalam pengambilan data ini penulis mengambil variasi putaran cekik (flow Control) supaya diketahui kecepatan silinder pada saat pengeboran Mesin bor dengan kontrol elektropneumatik yang secara keseluruhan di rancang dan di buat oleh mahasiswa diharapkan dapat memenuhi alat peraga pada laboratorium pneumatik Universitas Negeri Semarang dalam mengaplikasikan sistem pneumatik dalam dunia industri.

Download

PENGARUH VARIASI PUTARAN CEKIK TERHADAP LAJU PENGEBORAN PADA MESIN BOR DENGAN KONTROL ELEKTROPNEUMATIK, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets