Pengaruh Waktu Pengadukan Terhadap Kualitas Virgin Coconut Oil (VCO)

This item was filled under [ Kimia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan kimia: Pengaruh Waktu Pengadukan Terhadap Kualitas Virgin Coconut Oil (VCO)

Hariyani, Sri. 2006. Skripsi kimia, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Virgin Coconut Oil merupakan salah satu minyak yang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia., karena tingginya kandungan asam lemak jenuh rantai pendek dan sedang. Virgin Coconut Oil dapat dibuat dengan cara pengadukan (sentrifugal). Permasalahan yang timbul adalah bagaimanakah pengaruh waktu pengadukan terhadap kualitas Virgin Coconut Oil (VCO) yang meliputi kadar air, berat jenis, indeks bias, angka asam, angka penyabunan, angka iod, angka peroksida, dan komposisi Virgin Coconut Oil (VCO)? dan Berapakah waktu pengadukan yang optimum untuk menghasilkan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan kualitas terbaik? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu pengadukan terhadap kualitas Virgin Coconut Oil (VCO) dan mengetahui waktu pengadukan yang optimum untuk menghasilkan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan kualitas terbaik.

Sampel yang digunakan yaitu Virgin Coconut Oil yang dibuat dengan waktu pengadukan 10 menit, 15 menit, 20 menit, dan 25 menit. Masing-masing sampel dianalisis kualitasnya yang meliputi kadar air, berat jenis, indeks bias, angka asam, angka penyabunan, angka iod, angka peroksida, dan komposisi Virgin Coconut Oil (VCO). Komposisi Virgin Coconut Oil (VCO) dianalisis menggunakan kromatografi gas-spektrometer massa dan kromatografi gas.
Hasil penelitian diperoleh bahwa waktu pengadukan yang berbeda mempengaruhi kualitas Virgin Coconut Oil (VCO) yang dihasilkan, yaitu dengan bertambahnya waktu pengadukan, maka kadar air semakin besar, berat jenis semakin besar, angka asam semakin besar, angka penyabunan semakin kecil, dan hanya waktu pengadukan 25 menit yang mempunyai angka peroksida. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa waktu pengadukan yang paling optimum untuk membuat Virgin Coconut Oil (VCO) dengan kualitas terbaik adalah 10 menit, yang mempunyai %relatif asam laurat sebesar 50,86901.

Download

Pengaruh Waktu Pengadukan Terhadap Kualitas Virgin Coconut Oil (VCO), 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets