Pengaruh Waktu Penyimpanan dan pemanasan terhadap Kadar Iodium dalam Garam Beriodium

This item was filled under [ Kimia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan kimia: “Pengaruh Waktu Penyimpanan dan pemanasan terhadap Kadar Iodium dalam Garam Beriodium”

Lindawati. 2005. Skripsi kimia, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh waktu penyimpanan dan waktu pemanasan terhadap kadar iodium dalam garam beriodium. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kadar air dalam garam krosok maupun garam beriodium yang telah beredar di pasaran; (2) untuk mengetahui kadar NaCl dalam garam krosok maupun garam beriodium yang telah beredar di pasaran; (3) untuk mengetahui identifikasi ion-ion pengotor yang terdapat dalam garam krosok maupun garam yang telah direkristalisasi dengan penambahan bahan pengikat impurities; (4) untuk mengetahui pengaruh penyimpanan dan pemanasan terhadap kadar iodium dalam garam beriodium. Manfaat dari penelitian ini adalah agar dapat memprediksi kualitas garam yang dikonsumsi masyarakat dalam jangka waktu relatif lama.

Populasi dalam penelitian ini adalah garam beriodium yang telah di iodisasi (buatan) dan garam beriodium yang sudah beredar di pasaran, sedangkan sampelnya adalah garam krosok yang diperoleh dari Pati Juana dan garam beriodium yang sudah beredar di pasaran. Penentuan kadar KIO3 dilakukan dengan menggunakan spektrofotometer UV-Vis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama waktu penyimpanan dan pemanasan, maka semakin berkurang kadar iodium dalam garam beriodium. Kandungan iodium dalam garam beriodium buatan sendiri berkisar antara 99,5601 ppm s/d 13,6103 ppm dan kandungan iodium dalam garam beriodium yang telah beredar di pasaran berkisar antara 77,7906 ppm s/d 7,3623 ppm, setelah melalui proses penyimpanan selama 0 – 15 minggu dan pemanasan pada suhu 30 oC, 50 oC dan 100 oC selama 15 menit

Download

Pengaruh Waktu Penyimpanan dan pemanasan terhadap Kadar Iodium dalam Garam Beriodium, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets