Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Web Pada Mata Kuliah Fisika Sekolah Menengah Pokok Bahan Listrik Statis

This item was filled under [ Pendidikan Fisika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan fisika: Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Web Pada Mata Kuliah Fisika Sekolah Menengah Pokok Bahan Listrik Statis

Zaenudin, 2005. Skripsi fisika, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Saat ini bahan ajar tertulis dalam bentuk buku atau cetak seperti modulsudah banyak dibuat namun bahan ajar yang ditampilkan ke dalam media audio visualmelalui jaringan internet belum banyak yang mencoba mengembangkannya. Oleh karenaitu penulis pada skripsi ini berupaya mengembangkan bahan ajar fisika tertulis menjadibahan ajar fisika yang berbasis web dengan teknologi internet. Hasil yang diharapkan daripenelitian ini adalah terwujudnya perangkat lunak ( software) dalam bentuk bahan ajarfisika pokok bahasan listrik statis yang yang siap dimanfaatkan untuk belajar secara onlinemelalui jaringan internet.

Di dalam bahan ajar ini, listrik statis merupakan pokok materi dalam mata kuliahfisika sekolah menengah, di dalamnya akan mengupas tentang konsep muatan, gayaCoulomb, prinsip superposisi, medan listrik, kuat medan listrik, hukum Gauss, energipotensial listrik. Untuk mengembangkan bahan ajar tertulis menjadi bahan ajar berbasisWeb dengan materi online, di perlukan tahapan- tahapan diantaranya : Menyusun Garis –garis Besar Program Pengajaran (GBPP) materi Listrik Statis, Menulis bahan ajar materilistrik statis dengan mengikuti strategi instruksional khusus, marancang alur (Flow Cart)desain Web, meng up-load materi listrik statis ke program web, Mereview, melakukan ujilapangan dan merevisi media bahan ajar.
Metode yang digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini adalah denganmetode tes tingkat keterbacaan bahan ajar, tes pemahaman bahan ajar dan tes evaluasimedia. Dari penelitian ini diperoleh skor tingkat keterbacaan terhadap teks bahan ajarsebesar 83,12 %, yang artinya bahan ajar ini termasuk kedalam kriteria mudah dipahami.Dari penelitian ini pula di peroleh data besarnya tingkat penguasaan materi dari mahasiswayang mempelajari bahan ajar ini sebesar 57,5 %, yang artinya penguasaan materi secaramandiri oleh mahasiswa termasuk kedalam kategori cukup. Dan dari penelitian ini pula didapatkan data tentang ketertarikan media bahan ajar oleh pengguna ( user ) sebesar 83,33% menilai cukup baik.
Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar on line denganteknologi internet cukup baik untuk belajar secara mandiri.

Download

Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Web Pada Mata Kuliah Fisika Sekolah Menengah Pokok Bahan Listrik Statis, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets