PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MANDIRI KOMPUTASI FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN “MOODLE” SECARA ONLINE DI JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

This item was filled under [ Fisika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan Fisika: PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MANDIRI KOMPUTASI FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN “MOODLE” SECARA ONLINE DI JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Purnomo, Agung. 2006. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah keterbatasan ruang dan waktu menjadi kendala utama bagi peningkatan kualitas pembelajaran.

Pertambahan jumlah peserta didik pada suatu lembaga berpotensi mengurangi kualitas interaksi antara pendidik dan peserta didik sehingga hasil yang maksimal, dalam bentuk pembelajaran berkualitas, semakin jauh dari harapan. Mendasarkan pada latar belakang kemudian muncul permasalahan (1) apakah bahan pembelajaran komputasi fisika menggunakan moodle yang dikembangkan oleh penulis mudah dipahami menurut tingkat keterbacaan teks, (2) seberapakah besar tingkat ketertarikan user menggunakan bahan pembelajaran komputasi fisika secara online. Tujuan yang dicapai yaitu (1) mengetahui tingkat keterbacaan teks bahan pembelajaran komputasi fisika, (2) mengetahui tingkat ketertarikaan user terhadap bahan pembelajaran komputasi fisika. Manfaat penelitian ini yaitu memberikan informasi bagi para pendidik mengenai bahan pembelajaran komputasi fisika menggunakan moodle yang berkenaan dengan tingkat keterbacaan teks dan tingkat ketertarikan user.
Moodle adalah sebuah paket perangkat lunak yang berguna untuk membuat dan mengadakan kursus/pelatihan/pendidikan berbasis internet. Moodle merupakan akronim dari Modular Object Oriented Dynamic learning environment. Moodle dapat digunakan untuk melakukan aktivitas pembelajaran secara online dan peserta didik dapat belajar secara mandiri. Bahan pembelajaran ini ditampilkan di layar monitor komputer dengan memanfaatkan moodle.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes dan metode angket. Metode tes digunakan untuk mengetahui tingkat keterbacaan teks bahan pembelajaran. Sedangkan metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat ketertarikan user terhadap bahan pembelajaran menggunakan moodle yang dikembangkan oleh penulis.
Untuk mengetahui tingkat keterbacaan teks bahan pembelajaran adalah menggunakan metode tes rumpang (cloze test). Dari hasil penelitian diperoleh besarnya prosentase tingkat keterbacaan teks bahan pembelajaran adalah sebesar 83,5 % ini berarti bahan pembelajaran menggunakan moodle yang dikembangkan oleh penulis termasuk ke dalam kriteria mudah dipahami. Sedangkan prosentase tingkat ketertarikan dari user sebesar 78,2 %. Hal ini berarti bahan pembelajaran menggunakan moodle yang dikembangkan oleh penulis termasuk ke dalam kategori baik. ix
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa bahan pembelajaran yang dikembangkan oleh penulis termasuk ke dalam kriteria mudah dipahami dan tingkat ketertarikan user termasuk kategori baik, sehingga bahan pembelajaran tersebut dapat digunakan untuk belajar mandiri dan dapat digunakan sebagai pelengkap kegiatan belajar mengajar. Mendasarkan pada hasil penelitian yang telah diperoleh, disarankan (1) bahan pembelajaran dengan moodle dapat dikembangkan lagi dalam rangka pembelajaran yang berkelanjutan, (2) program ini perlu terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan IPTEK supaya peserta didik yang menggunakan tidak ketinggalan informasi dan ilmu pengetahuan yang baru.

Download

PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MANDIRI KOMPUTASI FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN “MOODLE” SECARA ONLINE DI JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets