Pengembangan Kurikulum Fiqih (Telaah terhadap komponen Kurikulum Fiqih pada Madrasah Tsanawiyah)

This item was filled under [ Pendidikan Agama Islam ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (51 votes cast)

Skripsi Pendidikan Agama Islam : Pengembangan Kurikulum Fiqih (Telaah terhadap komponen Kurikulum Fiqih pada Madrasah Tsanawiyah)


Untuk menghindari adanya kesalahan dalam menafsirkan judul skripsi ini, maka penulis perlu memberikan penegasan atau pengertian pada istilah-istilah dalam judul tersebut yang sekaligus menjadi batasan dalam pembahasan selanjutnya:
1. Pengembangan
Pengembangan berasal dari kata dasar kembang yang berarti menjadi bertambah sempurna. Kemudian mendapat imbuan pe- dan –an sehingga menjadi pengembangan yang artinya proses, cara atau perbuatan mengembangkan. Jadi pengembangan di sini adalah usaha sadar yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan agar lebih sempurna dari pada sebelumnya.


2. Kurikulum

Menurut Iskandar dan Usman Mulyadi, kurikulum adalah program pendidikan yang disediakan oleh sekolah untuk siswa, melalui program yang direncanakan tersebut siswa melakukan berbagai kegiatan belajar sehingga mendorong perkembangan dan pertumbuhannya sesuai dengan pendidikan yang telah ditentukan.
Melihat definisi kurikulum di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa kurikulum itu merupakan segala sesuatu maupun semua pihak yang terlibat dalam memberikan bantuan kepada siswa untuk mencapai tujuan pendidikan yang tidak terbatas pada mata pelajaran.
3. Fiqih
Fiqih dalam arti tekstual dapat diartikan pemahaman dan perilaku yang diambil dari agama. Kajian dalam fiqih meliputi masalah Ubudiyah (persoalan-persoalan ibadah), ahwal al-sakhsiyah (keluarga), mu’amalah (masyarakat) dan, siyasah (negara).
Senada dengan pengertian di atas, Sumanto al-Qurtuby melihat fiqih merupakan kajian ilmu Islam yang digunakan untuk mengambil tindakan hukum terhadap sebuah kasus tertentu dengan mengacu pada ketentuan yang terdapat dalam syariat Islam yang ada. Dalam pemahaman seperti ini maka kajian atau produk fiqih selayaknya bersifat lebih dinamis. Dan lebih lanjut fiqih merupakan suatu metode pemaknaan hukum terhadap realitas. Dalam perkembangan selanjutnya fiqih mampu menginterpretasikan teks-teks agama secara kontekstual.
Dalam pengertian fiqih tersebut, maka dalam konteks pembelajaran fiqih di sekolah adalah salah satu bagian pelajaran pokok yang termasuk dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diberikan pada siswa-siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Kesatuan pengertian Kurikulum Fiqih yang dimaksud di sini adalah adalah kurikulum yang diorientasikan pada pembinaan pengembangan perilaku dan pemahaman peserta didik terhadap agama pada dataran praksis operasional yang ditetapkan secara bersama dan menjadi GBPP pada Madrasah Tsanawiyah.
4. Telaah terhadap komponen Kurikulum Fiqih
Menurut kamus bahasa Indonesia kontemporer, kata telaah memiliki arti penyelidikan, pemerikasaan, dan penelitian. Dan yang dimaksud dengan telaah dalam skripsi ini adalah sebuah penyelidikan, pemeriksaan dan penelitian. Sedangkan komponen mempunyai arti unsur, sub-sistem. Jadi komponen yang dimaksud di sini adalah unsur atau sub sistem yang tercakup dalam pengembangan kurikulum fiqih.
Dalam kesatuan arti telaah terhadap komponen pengembangan kurikulum fiqih adalah suatu upaya penyelidikan, pemerikasaan dan penelitian terhadap unsur atau sub sistem dalam kurikulum fiqih. Dan di sini yang akan menjadi kajian adalah kurikulum fiqih yang dijadikan acuan dan dilaksanakan pada proses pembelajaran pada tingkat Madrasah Tsanawiyah.
5. Madrasah Tsanawiyah
Madrasah Tsanawiyah yang kemudian disingkat MTs, adalah lembaga pendidikan islam formal yang setingkat dengan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP). Madrasah Tsanawiyah merupakan sekolah yang berciri khas agama islam yang menyelenggarakan program tiga tahun setelah Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar. Dan ciri lain adalah mata pelajaran keislaman sebagai dasar pembelajaran di MTs yang sekurang-kurangnya 30 persen, disamping itu juga mata pelajaran umum diberikan kurang lebih 70 persen pada muatan kurikulumnya.
Dengan demikian yang dimaksud dengan judul skripsi “Pengembangan Kurikulum Fiqih (Telaah terhadap komponen Kurikulum Fiqih pada Madrasah Tsanawiyah)”, adalah studi deskriptif analitik yang bersifat kualitatif yang membahas tentang pengembangan kurikulum Fiqih dari sudut komponennya pada Madrasah Tsanawiyah. Dan dalam penelitian ini dibatasi pada empat komponen yaitu; tujuan, materi, metode dan evaluasi.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

Pengembangan Kurikulum Fiqih (Telaah terhadap komponen Kurikulum Fiqih pada Madrasah Tsanawiyah), 4.8 out of 5 based on 51 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets