PENGEMBANGAN PENAMPIL MATRIKS TITIK YANG BISA DIPERPANJANG BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51 DAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANIMASINYA

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (126 votes cast)

Tugas akhir teknik elektro: PENGEMBANGAN PENAMPIL MATRIKS TITIK YANG BISA DIPERPANJANG BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51 DAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANIMASINYA

Oleh :
ANDREAS HARMOYO
01/147529/TK/26179
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA

Mikroprosesor merupakan suatu chip (keping) yang dapat melakukan operasi – operasi hitungan, operasi nalar, dan operasi kendali secara digital dengan sangat cepat. Mikroprosesor dapat melakukan operasi – operasi tersebut sesuai dengan program yang diberikan kepadanya. Bila telah diberikan suatu program, maka mikroprosesor bisa melakukan pekerjaan secara otomatis dan berulang – ulang. Dengan demikian maka penemuan mikroprosesor telah banyak membantu manusia dalam melakukan pekerjaan sehari – harinya.
Jika dianalogikan dengan sistem tubuh manusia, maka mikroprosesor merupakan bagian otak yang mengatur seluruh operasi dari sistem. Jadi untuk dapat bekerja, mikroprosesor masih membutuhkan beberapa perangkat tambahan. Suatu sistem minimal mikroprosesor terdiri atas chip mikroprosesor, ROM (Read Only Memory) yang berisi firmware (Program kendali sistem mikroprosesor), RAM (Random Access Memory) yang berisi program atau data sementara, dan Piranti Input/Output (I/O Device) yang berguna untuk menjembatani antara sistem mikroprosesor dengan piranti yang dikendalikannya.

Seiring dengan perkembangan jaman dan semakin meningkatnya teknologi, maka sekarang telah diciptakan suatu sistem mikroprosesor terpadu dalam satu chip saja yang disebut dengan mikrokontroler. Satu chip mikrokontroler telah berisi satu sistem minimal mikroprosesor (mikroprosesor,
2
ROM, RAM, piranti I/O, dan beberapa perangkat lainnya). Dengan demikian maka kompleksitas rangkaian bisa dikurangi.
Dengan keunggulan – keunggulan yang dimiliki dan sedemikian luasnya bidang – bidang yang memanfaatkan penggunaan mikrokontroler, maka penulis tertarik untuk mengimplementasikan mikrokontroler sebagai pengendali sekumpulan titik LED untuk menampilkan karakter/tulisan dan animasi. Disini mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan nyala/mati-nya (on/off) sekumpulan titik – titik LED sehingga terbentuk suatu karakter serta animasi yang bisa dipahami oleh mata manusia.
Dalam tugas akhir ini akan dirancang modul penampil Matriks titik LED yang bisa saling berkomunikasi jika dibuat beberapa modul yang sejenis dan identik. Modul – modul yang identik tersebut bisa digabung – gabung sehingga membentuk satu penampil yang lebih panjang. Selain digabung, tiap modul juga bisa dijalankan sendiri tanpa terkait satu sama lainnya. Di sini hanya akan dibuat dua modul yang identik karena dianggap sudah bisa mendemonstrasikan komunikasi multiprosesor di antara keduanya. Sementara deretan karakter/huruf yang akan ditampilkan dimasukkan lewat sebuah komputer (PC) melalui port serial. Dengan demikian kita bisa mengubah – ubah tulisan yang hendak ditampilkan di penampil ini sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk menampilkan animasinya dilakukan dengan memangil subrutin animasi, yang telah diprogram di mikrokontroler, melalui sebuah PC.
Sistem yang akan dibuat adalah suatu modul yang terdiri atas mikrokontroler AT89S51, RAM, dekoder – dekoder, dan beberapa komponen –
3

komponen lainnya yang sekiranya akan diperlukan. Mikrokontroler AT89S51 dipilih karena merupakan mikrokontroler yang murah, banyak tersedia di pasaran, dan cukup handal. Mikrokontroler seri AT89Sxx ini mempunyai keunggulan dibanding dengan seri AT89Cxx, yaitu lebih mudah dalam proses men-download-kan program yang telah dibuat. Selain itu juga dibutuhkan sebuah komputer (PC) dengan port serialnya untuk memasukkan karakter/tulisan dan memanggil animasi apa saja yang akan ditampilkan. Untuk mengeluarkan data ke port serial maka dibutuhkan suatu program pengendali yang terinstall pada PC. Program ini akan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Delphi.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

PENGEMBANGAN PENAMPIL MATRIKS TITIK YANG BISA DIPERPANJANG BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51 DAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANIMASINYA, 4.7 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

2 Comments on “PENGEMBANGAN PENAMPIL MATRIKS TITIK YANG BISA DIPERPANJANG BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51 DAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANIMASINYA”

  • teknik
    7 September, 2010, 10:17

    mo nanya file yang namanya DataHuruf.DAT gimana cara bwtny y?tq (pada skripsi PENGEMBANGAN PENAMPIL MATRIKS TITIK YANG BISA DIPERPANJANG BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51 DAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANIMASINYA)

  • teknik
    14 September, 2010, 7:12

    data nyala pada file DataNyala.DAT pada skripsi PENGEMBANGAN PENAMPIL MATRIKS TITIK YANG BISA DIPERPANJANG BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51 DAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANIMASINYA gmn cara buatnya……?tq

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets