Pengembangan Wisata Religi dan Pemberdayaan Masyarakat Bagi Peningkatan Kehidupan Sosial-Ekonomi (Studi Kasus di Desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan)

This item was filled under [ Sosiologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (26 votes cast)

skripsi jurusan Sosiologi dan Antropologi: Pengembangan Wisata Religi dan Pemberdayaan Masyarakat Bagi Peningkatan Kehidupan Sosial-Ekonomi (Studi Kasus di Desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan)

Gustaman, Fulia Aji. 2009. Skripsi Jurusan Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.

Sektor pariwisata merupakan salah satu sumber devisa non migas seperti jasa tenaga kerja, kerajinan tangan, transportasi lintas negara, dll. Bagi Pemerintah Indonesia, sampai dengan bulan Desember 2008, pengembangan sektor pariwisata sedang giat-giatnya dilakukan dalam rangka menghadapi peningkatan jumlah wisatawan mancanegara. Pacitan dikenal memiliki objek wisata religi, objek wisata yang dimaksud adalah Goa Kalak, Makam Gedong Kalak dan Alas Wirati. Sebagai tempat tujuan wisata, ketiga objek tersebut ternyata belum dikelola secara maksimal, baik oleh Pemerintah maupun oleh masyarakat Desa Kalak. Berdasar dari latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana strategi yang tepat bagi pengembangan potensi wisata yang ada di Desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan dengan melibatkan masyarakat setempat melalui program pemberdayaan masyarakat.

Adapun permasalahan dalam penelitian:(1) Bagaimana tanggapan, sikap serta perilaku masyarakat dalam mengelola potensi wisata religi melalui program pemberdayaan masyarakat? (2) Apakah faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan wisata religi di Desa Kalak? Adapun tujuan dari penelitian: (1) Mengetahui tanggapan, sikap serta perilaku masyarakat dalam program pemberdayaan masyarakat untuk mengelola potensi wisata religi. (2) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan wisata religi di Desa Kalak.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa Desa Kalak pada umumnya mempunyai aset pariwisata yang cukup besar. Hanya yang terjadi saat ini adalah aset-aset wisata yang ada belum berjalan secara maksimal dalam pengelolaan serta manajemen pemasaran wisata itu sendiri. Salah satu aset yang dapat dikembangkan di Desa Kalak adalah wisata religi Goa Kalak, Makam Gedong Kalak dan Alas Wirati. Masyarakat sangat mendukung program pengembangan wisata religi di Desa Kalak. Masyarakat Desa Kalak juga bersedia untuk diberdayakan guna meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi. Pemberdayaan masyarakat disini adalah masyarakat berwawasan wisata. Dimana dalam sebuah tempat/lokasi wisata, masyarakat harus dapat betul-betul memahami arti menjaga image tempat/lokasi wisata itu sendiri. Sehingga pengunjung yang datang akan terkesan dengan harapan akan datang kembali di lain waktu. Bentuk ixpemberdayaan masyarakat di sini diantaranya: Sosialisasi, pelatihan-pelatihan, menumbuhkan semangat wira usaha dan mencetak produk-produk unggulan. Hal itu sekaligus sebagai faktor pendukung dari program ini. Tetapi dalam perjalananya program ini akan mengalami hambatan diantaranya, minimnya pengetahuaan masyarakat tentang wisata, jauhnya obyek wisata dari pusat kota, sarana transportasi dan telekomunikasi yang kurang memadai dan Keterbatasan anggaran dana pemerintah Desa Kalak untuk mengembangkan program pengembangan wisata religi dan pemberdayaan masyarakat Desa Kalak.
Sebagai Kesimpulan dari penelitian ini, Beberapa situs peninggalan budaya memang belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah dan perlu dikembangkan menjadi sebuah paket wisata yang mampu bersaing di dunia pariwisata yang mampu memberikan kontribusi bagi pemerintah pada khususnya dan masyarakat desa kalak pada umumnya sehingga mampu mengangkat keadaan sosial ekonomi masyarakat yang bisa dibilang belum stabil menuju ke kondisi sosial ekonomi yang lebih mapan. Masyarakat Desa Kalak mendukung adanya program pengembangan pariwisata. Masyarakat Desa Kalak siap berpartisipasi guna terealisasinya program pengembangan pariwisata tersebut. Masyarakat Desa Kalak juga bersedia untuk diberdayakan. Pemberdayaan masyarakat di sini diantaranya: Sosialisasi, pelatihan-pelatihan, menumbuhkan semangat wira usaha dan mencetak produk-produk unggulan. Tetapi dalam perjalananya program ini akan mengalami hambatan diantaranya, minimnya pengetahuaan masyarakat tentang wisata, jauhnya obyek wisata dari pusat kota, sarana transportasi dan telekomunikasi yang kurang memadai dan Keterbatasan anggaran dana pemerintah Desa Kalak untuk mengembangkan program pengembangan wisata religi dan pemberdayaan masyarakat Desa Kalak. Saran penulis ditujukan pada Dinas Pariwisata dan pemerintah Desa Kalak pada khususnya diharapkan mengembangkan program wisata religi di Desa Kalak dengan maksimal, sehingga mampu meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Kalak. Bagi masyarakat Desa Kalak untuk ikut serta dalam mendukung program pemerintah ini, sehingga program pengembangan wisata religi dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Masyarakat Desa Kalak harus mampu bersifat adaptif guna menyikapi perubahan sosial budaya yang terjadi, dan mampu memberdayakan segenap potensi yang ada guna terealisasinya program pengembangan wisata religi tersebut.

Download

Pengembangan Wisata Religi dan Pemberdayaan Masyarakat Bagi Peningkatan Kehidupan Sosial-Ekonomi (Studi Kasus di Desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan), 4.8 out of 5 based on 26 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Pengembangan Wisata Religi dan Pemberdayaan Masyarakat Bagi Peningkatan Kehidupan Sosial-Ekonomi (Studi Kasus di Desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan)”

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets