PENGENDALI TEGANGAN GENERATOR INDUKSI OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89C51 UNTUK PLTMh STAND-ALONE

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (126 votes cast)

Tugas Akhir Teknik Elektro: PENGENDALI TEGANGAN GENERATOR INDUKSI OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89C51 UNTUK PLTMh STAND-ALONE

Oleh :
ANDY EKO LUSDIANTO
02/157337/ET/02559
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS GADJAH MADA
JOGJAKARTA

Dewasa ini perkembangan teknologi kendali telah sedemikian pesatnya seiring tuntutan manusia yang ingin mengotomasisasikan semua peralatan yang ada. Kemajuan teknologi kendali juga didukung munculnya inovasi – inovasi baru dalam metode pengendalian yang telah banyak diaplikasikan dalam dunia industri maupun alat – alat rumah tangga.
Dalam dunia industri serta dalam alat – alat elektronika, mulai banyak digunakan pengendali mikro atau mikrokontroller karena kemudahan penggunaan yang diberikan. Mikrokontroller juga merupakan perangkat yang handal untuk melakukan perhitungan yang dibutuhkan untuk melaksanakan serta mengendalikan proses yang berjalan dalam sebuah sistem. Rangkaian yang dibutuhkan relatif lebih sederhana, komponen yang dibutuhkan lebih sedikit dan lebih murah dibandingkan dengan menggunakan mikroprosessor. Dengan demikian pemakaian mikrokontroller banyak memberikan keleluasaan dalam perancangan sebuah sistem.
Dalam tugas akhir ini penulis membangun sistem pengendali generator induksi dengan menggunakan sistem mikrokontroller AT89C51 untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh) stand-alone (berdiri sendiri) dengan menstabilkan tegangan output dari generator induksi. PLTMh adalah salah satu pembangkit tenaga listrik yang menggunakan tenaga air sebagai sumber
1
2
energinya yang berskala kecil. Umumnya PLTMh yang beroperasi sendiri tidak masuk jaringan interkoneksi dengan pembangkit lain. Pada PLTMh stand-alone kebutuhan daya reaktif dipenuhi dari pemasangan kapasitor yang dipararel dengan motor induksi yang difungsikan sebagai generator induksi. Kualitas output Motor Induksi Sebagai Generator (MISG) yang berupa tegangan dan frekuensi sangat peka terhadap perubahan beban, dan tegangan yang dibangkitkan sangat tergantung pada daya reaktif yang diperlukan oleh sistem.
Pada proses pengendalian tegangan ini, diperlukan pengendali untuk mempertahankan tegangan output dari generator induksi agar stabil. Jika beban turun, maka perlu ditambahkan beban lain, yang dalam hal ini adalah beban tambahan atau Ballast Load agar tegangan keluaran dari generator induksi tetap stabil. Dalam proses pengendalian sistem ini maka dipergunakan pengendali otomatis yaitu mikrokontroller.
Dari hal diatas penulis mencoba merealisasikan alat yang dapat mengendalikan tegangan generator induksi agar didapat tegangan keluaran yang stabil. Diharapkan dengan diaturnya tegangan keluaran generator induksi, maka tegangan ke konsumer stabil

Untuk mendownload silakan klik link di bawh ini

Download di sini

PENGENDALI TEGANGAN GENERATOR INDUKSI OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89C51 UNTUK PLTMh STAND-ALONE, 4.7 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “PENGENDALI TEGANGAN GENERATOR INDUKSI OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89C51 UNTUK PLTMh STAND-ALONE”

  • leonard nainggolan
    17 July, 2012, 4:07

    sngt membantu

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets