PENGETAHUAN SIKAP SISWA SMA NEGERI 4 DAN SMAIT HIDAYATULLAH SEMARANG TERHADAP MATERI REPRODUKSI MANUSIA YANG DISAMPAIKAN DENGAN PENDEKATAN SETS

This item was filled under [ biologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi Jurusan Biologi : PENGETAHUAN SIKAP SISWA SMA NEGERI 4 DAN SMAIT HIDAYATULLAH SEMARANG TERHADAP MATERI REPRODUKSI MANUSIA YANG DISAMPAIKAN DENGAN PENDEKATAN SETS

dhena Septi Andini . 2006. Skripsi. Jurusan Biologi FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Berdasarkan hasil obsevasi awal kelas XI SMA Negeri 4 dan SMAIT Hidayatullah Semarang memiliki latar belakang asal sekolah yang berbeda. Sebagian besar siswa SMA Negeri 4 berasal dari SMP negeri dan melalui proses seleksi, sedangkan siswa SMAIT Hidayatullah sebagian besar berasal dari SMP swasta. Rata-rata NEM tertinggi siswa baru di SMA Negeri 4 adalah 9,07 sedangkan yang terendah adalah 7,08.

Sedangkan di SMAIT Hidayatullah rata-rata NEM tertinggi adalah 8,65 dan terendah 5,01. SMA Negeri 4 bersifat heterogen dilihat dari sisi agama yang dipeluk oleh para siswanya, dan pelajaran agama yang diterima siswa adalah 2 jam perminggu. Sedangkan seluruh siswa SMAIT Hidayatullah adalah muslim, dan pelajaran agama disampaikan sebanyak 9 jam perminggu. Berdasarkan perbedaan tersebut peneliti ingin mengetahui apakah pendekatan SETS pada materi yang dipelajari dapat memunculkan sikap yang berbeda di kedua sekolah tersebut.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengetahuan sikap siswa terhadap materi Reproduksi Manusia yang disampaikan dengan pendekatan SETS di kedua sekolah tersebut. Penelitian dilaksanakan pada kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 dan kelas XI IPA 2 SMAIT Hidayatullah pada tahun ajaran 2005/2006.
Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu, tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan sikap terhadap materi Reproduksi Manusia dan pembelajarannya, diantara siswa di kedua sekolah tersebut, dimana siswa SMAIT Hidayatullah memiliki persentase sikap sangat positif sebesar 76 %, yang lebih tinggi dari persentase siswa SMA Negeri 4, yaitu 68,75%.
Selain itu tingkat keaktifan siswa SMAIT Hidayatullah lebih tinggi daripada siswa SMA Negeri 4. Rata-rata hasil belajar di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 adalah 70,27 dan rata-rata-rata hasil belajar di kelas XI IPA 2 SMAIT Hidayatullah adalah 70,88. Siswa SMA Negeri 4 memiliki persentase ketuntasan belajar sebesar 83,3% lebih tinggi dibandingkan siswa SMAIT Hidayatullah sebesar 80%. Dapat disimpulkan kedua kelas tersebut setara dalam bidang akademik.
Penerapan pendekatan SETS pada materi Reproduksi Manusia memunculkan sikap yang berbeda pada siswa SMA Negeri 4 dan SMAIT Hidayatullah Semarang. Saran yang dapat disampaikan adalah, pada konsep pelajaran yang dapat dikaitkan dengan nilai moral dan agama, guru hendaknya dapat menyisipkan nilai-nilai tersebut karena hal ini dapat membantu membentuk sikap positif pada siswa.

Download

PENGETAHUAN SIKAP SISWA SMA NEGERI 4 DAN SMAIT HIDAYATULLAH SEMARANG TERHADAP MATERI REPRODUKSI MANUSIA YANG DISAMPAIKAN DENGAN PENDEKATAN SETS, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets