PENGGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS V SD NEGERI SEKARAN GUNUNGPATISEMARANG TAHUN AJARAN 2006/2007

This item was filled under [ sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi JURUSAN SEJARAH: PENGGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS V SD NEGERI SEKARAN GUNUNGPATISEMARANG TAHUN AJARAN 2006/2007

Happy Damayanti . 2007. Skripsi JURUSAN SEJARAH,FAKULTAS ILMU SOSIAL,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Hasil belajar sejarah di SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang tertarik dengan proses belajar mengajar yang hanya berupa hafalan saja. Aktifitas siswa belum secara optimal diberdayakan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu digunakan pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dapat berupa pembelajaran berdasarkan masalah yang mempunyai ciri utama pengajuan pertanyaan atau masalah, memusatkan kepada keterkaitan antara disiplin ilmu, penyelidikan autentik, kerjasama, dan menghasilkan karya serta peragaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang pada materi sejarah pergerakan nasional, bagaimana penggunaan metode pembelajaran berdasarkan masalah pada siswa kelas V SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang dan adakah penggaruh penggunaan metode pembelajaran berdasarkan masalah terhadap sikap nasionalisme siswa kelas V SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sekaran I Gunungpati Semarang tahun ajaran 2006/2007. Sampel adalah keseluruhan dari seluruh Populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan angket. Metode dokumentasi untuk mengetahui keadaan siswa dan keadaan SD Negeri Sekaran I sedangkan metode angket digunakan untuk mengetahui pemahaman sikap nasionalisme siswa.
Hasil penelitian rata-rata preastasi belajar adalah 59,44 dan sesudahnya 80,78. Angka tersebut menunjukan bahwa terjadi pengguasaan materi sejarah pergerakan nasional yang tinggi dan kenaikan yang signifikan yaitu 15,82 pada penggunaan metode pembelajaran berdasarkan masalah terhadap sikap nasionlisme siswa dimana sebelumnya pembelajaran adalah 71,34 dan sesudahnya adalah 87,65 karena pembelajaran berdasarkan masalah memiliki ciri utama yaitu pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan ketrampilan berfikir dan ketrampilan pemecaham masalah, belajar berperan orang dewasa, belajar secara mandiri. Proses pembelajaran berdasarkan masalah lebih menekankan bimbingan guru yang secara berulang-ulang mendorong dan mengarahkan mereka untuk mengajukan pertanyaan, mencari penyelesian terhadap masalah yang dihadapi siswa, sedangkan siswa belajar secara mandiri. Disarankan kepada guru dapat memfariasikan metode pembelajaran dengan metode pembelajaran berdasarkan masalah.

Download

PENGGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS V SD NEGERI SEKARAN GUNUNGPATISEMARANG TAHUN AJARAN 2006/2007 , 4.9 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets