Penggunaan Analisis Runtun Waktu Untuk Peramalan Penjualan Pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal Dengan Bantuan Program Minitab

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan matematika: Penggunaan Analisis Runtun Waktu Untuk Peramalan Penjualan Pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal Dengan Bantuan Program Minitab

ATMIM FITRIYAH. 2006. Skripsi matematika, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Peramalan adalah perkiraan mengenai sesuatu yang belum terjadi atau yang akan terjadi pada waktu yang akan datang. Peramalan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pengambilan keputusan, sebab efektif tidaknya suatu keputusan umumnya tergantung pada beberapa faktor yang tidak dapat kita lihat pada saat keputusan itu diambil. Pada PT Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal, jumlah persediaan masing-masing produk lebih banyak daripada jumlah pesanan. Sehingga perlu adanya pengaturan produksi. Dengan data penjualan masing-masing produk dari bulan Januari 2000 sampai Juni 2005 akan diramalkan penjualan produk untuk bulan Mei 2005 sampai Oktober 2006 dengan terlebih dahulu menentukan model yang tepat.

Permasalahan dalam skripsi ini ada dua: 1) menentukan model yang sesuai dengan data volume penjualan produk. 2) menentukan berapa hasil peramalan penjualan untuk masing-masing produk selama 18 bulan ke depan. Tujuan dari penulisan skripsi ini untuk mengetahui model peramalan yang tepat dan hasil peramalan dengan data yang ada.
Metode penelitian yang digunakan ada 5 yakni studi pustaka, perumusan masalah, observasi, analisis data dan penarikan simpulan. Bahan dan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah komputer dan buku-buku yang relevan yang nantinya dijadikan sebagai dasar menuju pemecahan masalah.
Dari proses peramalan dengan analisis runtun waktu dan bantuan program Minitab diperoleh model yang sesuai untuk masing-masing produk adalah produk benang tenun cotton yakni ARI (1,2), produk benang WO yaitu MA (1), dan untuk produk kain modelnya IMA (2,1). Hasil peramalan penjualan PT. Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal untuk 18 bulan mendatang dapat dilihat dalam penutup halaman 77.
Penulis menyarankan agar perusahaan menggunakan metode analisis runtun waktu dalam mendukung pengambilan keputusan karena metode ini mempunyai ketelitian yang cukup tinggi dengan menggunakan minimal 50 data runtun waktu dan dalam penyelesaiannya dapat digunakan program Minitab.

Download

Penggunaan Analisis Runtun Waktu Untuk Peramalan Penjualan Pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal Dengan Bantuan Program Minitab, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets