PENGGUNAAN INTERACTIVE HANDOUT BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI POKOK BAHASAN SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP 2 SEMARANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2005/2006

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi Jurusan Matematika : PENGGUNAAN INTERACTIVE HANDOUT BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI POKOK BAHASAN SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP 2 SEMARANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2005/2006

Fitria Hima Mahligai , 2006, Skripsi Jurusan Matematika ,FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Kondisi awal kelas VII SMP 2 Semarang sebelum diadakan penelitian, peserta didiknya kurang aktif pada saat pembelajaran Matematika. Nilai rata-rata geometri peserta didiknya hanya 6,0. Guru cenderung menggunakan metode ekspositori dalam mengajar serta belum pernah ada kegiatan refleksi di akhir pelajaran, sehingga guru merasa memerlukan variasi dalam mengajar. Guru memandang materi geometri kurang mudah dipahami peserta didik, sehingga perlu dibantu dengan buku pegangan (handout) yang membantu peserta didik membangun pengetahuannya serta alat visual untuk membantu peserta didik memahami materi. Interactive Handout ternyata belum pernah digunakan di SMP 2 Semarang, sehingga peneliti perlu untuk menggunakan Interactive Handout berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran geometri melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan pencapaian kompetensi peserta didik.

PTK ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas VIIG SMP 2 Semarang tahun pelajaran 2005/2006. Adapun tolok ukur keberhasilan dalam penelitian ini yaitu semua peserta didik mengisi Interactive Handout, maksimal 1 peserta didik yang salah dalam mengisi Interactive Handout, maksimal 1 peserta didik yang salah menjawab pertanyaan lisan dari guru, maksimal 1 peserta didik yang kurang memperhatikan pada saat guru menjelaskan materi yang ada pada Interactive Handout, maksimal 1 peserta didik yang salah dalam memberikan contoh yang terkait dengan masalah kontekstual, maksimal 1 peserta didik yang belum jelas dengan model yang disajikan guru, maksimal 1 peserta didik yang tidak bisa menjawab pertanyaan guru yang bersifat inquiry, banyaknya peserta didik yang berani menjawab pertanyaan guru lebih dari 3 orang, banyaknya peserta didik yang berani menyajikan temuannya lebih dari 3 orang, banyaknya peserta didik yang berani memberikan refleksi hasil belajarnya lebih dari 3 orang, maksimal 1 kelompok belajar yang bekerja tidak harmonis, dan nilai rata-rata Ulangan Harian (UH) geometri lebih dari 6,5.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua peserta didik mengisi Interactive Handout, tidak ada peserta didik yang salah dalam mengisi Interactive viiHandout, tidak ada peserta didik yang salah menjawab pertanyaan lisan dari guru, ada 1 peserta didik yang kurang memperhatikan pada saat guru menjelaskan materi yang ada pada Interactive Handout, ada 1 peserta didik yang salah dalam memberikan contoh yang terkait dengan masalah kontekstual, semua peserta didik jelas dengan model yang disajikan guru, semua peserta didik bisa menjawab pertanyaan guru yang bersifat inquiry, peserta didik yang berani menjawab pertanyaan guru ada 10 orang, peserta didik yang berani menyajikan temuannya ada 4 orang, peserta didik yang berani memberikan refleksi hasil belajarnya ada 6 orang, semua kelompok belajar bekerja harmonis, dan nilai rata-rata Ulangan Harian (UH) mencapai 6,7. Berdasarkan pengamatan, keaktifan peserta didik meningkat. Peserta didik lebih memahami materi yang dipelajari karena dengan menggunakan Interactive Handout peserta didik telah belajar lebih dahulu sebelum proses belajar mengajar di kelas. Penggunaan Interactive Handout juga berpeluang supaya peserta didik membangun pengetahuannya melalui penemuan secara terbimbing (inquiry). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Interactive Handout berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran geometri pokok bahasan segiempat dapat meningkatkan pncapaian kompetensi peserta didik kelas VII SMP 2 Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2005/2006.

Download

PENGGUNAAN INTERACTIVE HANDOUT BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI POKOK BAHASAN SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP 2 SEMARANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2005/2006, 4.9 out of 5 based on 29 ratings
Tagged with: [ , , , ]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets