Penggunaan Programmable Timer Sebagai Saklar Otomatis

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi jurusan Teknik Elektro: Penggunaan Programmable Timer Sebagai Saklar Otomatis

Joko Pitoyo. 2007.Skripsi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Banyak peralatan elektronik yang pengoperasiannya berasal dari sumber energi listrik PLN. Sebagian dari peralatan listrik tersebut menggunakan cara manual untuk mematikannya yaitu dengan mencabut koneksi peralatan listrik dari sumber tegangannya. Hal ini tentunya akan menyita waktu orang yang mempergunakan peralatan listrik tersebut karena harus menunggu alat selesai bekerja dan setelah itu mematikannya. Selain itu resiko kemungkinan terjadinya kerusakan peralatan listrik tersebut akibat kelalaian pemakai dapat mengakibatkan kerugian.

Tugas akhir ini meliputi perancangan dan realisasi sebuah alat pewaktu digital (Programmable Timer) yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan piranti elektronik yang terhubung dengan alat pewaktu digital tersebut. Alat pewaktu digital terprogram ini (Programmable Timer) menggunakan mikrokontroler AT89S51, keypad matrix 4X3, LCD 2X16 karakter seri M1632 dan beberapa komponen pendukung lainnya. Perancangan dan realisasi Programmable Timer tersebut berasal dari hasil eksperimen, sedangkan pendukung penulisan tugas akhir ini diperoleh dari beberapa sumber antara lain buku, internet, dan literatur. Programmable Timer ini menggunakan relay yang dikendalikan oleh mikrokontroler AT89S51 sebagai saklar elektroniknya. Sehingga pemilihan jenis relay yang sesuai dengan beban harus diperhatikan atau penggunaan relay dapat diganti dengan TRIAC jika diperlukan. Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan, Programmable Timer ini bekerja dengan cukup baik yaitu kontinuitas waktu cacahan dibandingkan dengan jam acuan selalu tetap. Cacahan waktu maksimal alat ini adalah 99 jam 99 menit 99 detik sehingga pada beberapa aplikasinya, alat cukup dapat diandalkan kerjanya. Karena Programmable Timer yang dibuat masih jauh dari kesempurnaan, diharapkan perancangan Programmable Timer ini dapat dikembangkan lebih lanjut dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan tertentu.

Download

Penggunaan Programmable Timer Sebagai Saklar Otomatis, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets