Penghitung jumlah Pengunjung Ruang Pertunjukan Berbasis Mikrokontroler AT89C51

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (128 votes cast)

Tugas Akhir D-III Teknik Mesin : Penghitung jumlah Pengunjung Ruang Pertunjukan Berbasis Mikrokontroler AT89C51”

Riana Agustina Anggraini. 2005. Tugas Akhir D-III Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Perkembangan mikrokontroler semakin canggih di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat. Komponen yang diciptakan semakin kecil dan memungkinkan untuk diaplikasikan ke berbagi bidang,. Dalam Perkembangannya mikrokontroler mempunyai system memori , RAM, ROM, timer, port parallel,port serial, dan 32 bit I/O yang memungkinkan membentuk system terdiri dari keeping tunggal (single chip). Mikrokontroler juga mempunyai memiliki memori eksternal yang dapat diekspan sampai dengan 4K byte disebut FLASH PEROM.

Tujuan dari pembuatan proyek akhir ini adalah untuk membuat hardware dan software “Penghitung jumlah Pengunjung Ruang Pertunjukan Berbasis Mikrokontroler AT89C51”. Prinsip dari alat ini adalah menampilkan jumlah pengunjung yang berada didalam ruangan pertunjukan dengan menggunakan display seven segment sekaligus dapat membunyikan buzzer jika ruangan penuh. Pengaturan nilai pembatas dapat dilakukan dengan menekan tombol setting. Rangkaian sensor menggunakan LDR, yang dirangkai sehingga dapat mendeteksi sumber cahaya yang mengenai penampang LDR ke bentuk energi listrik yang mampu direspon IC mikrokontroler. Sumber cahaya menggunakan laser pointer yang mampu mengeluarkan cahaya lurus satu titik. Rangkaian penampil menggunakan 4 digit sevent segment dan mampu menampilkan jumlah cacahan maksimal 255 dan tulisan FULL. Rangkaian buzzer menggunakan transistor sebagai saklar untuk membunyikan speaker sebagai tanda jika ruangan penuh. Rangkaian push button digunakan untuk memasukan nilai pembatas. Rangkaian ini dihubungkan ke port1 pada IC mikrokontroler AT89C51.

Dari hasil pengujian yang telah dilakukan alat ini mampu mendeteksi dan menampilkan jumlah pengunjung yang melewati sensor. Jumlah cacahan maksimal sampai 255. Nilai pembatas dapat dilakukan dengan penekanan tombol switch push button sesuai yang dikehendaki. Dan rangkaian buzzer dapat berbunyi saat nilai pembatas sama dengan jumlah cacahan, sehingga dapat disimpulkan bahwa alat ini telah sesuai dengan yang direncanakan.

Download

Penghitung jumlah Pengunjung Ruang Pertunjukan Berbasis Mikrokontroler AT89C51, 4.9 out of 5 based on 128 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets