Penguat Daya Audio Sistem OCL (Output Capasitor Less) Dengan Menerapkan IC Op Amp 741 Sebagai Penguat Depan

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (127 votes cast)

Skripsi Teknik Mesin : Penguat Daya Audio Sistem OCL (Output Capasitor Less) Dengan Menerapkan IC Op Amp 741 Sebagai Penguat Depan

Nur Agus M Zamroni. 2005. Skripsi Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Penguat daya audio (power amplifier) adalah suatu pesawat elektronika yang berfungsi menguatkan sinyal suara yang bisa berasal dari radio, tape recorder, cd player, preamp mic atau yang lainnya. Penguat daya audio sistem OCL beban dengan penguat daya dihubung langsung (direct copel) tanpa memakai kapasitor maupun transformator. Penerapan IC OP Amp 741 dipakai sebagai penguat depan dari penguat audio untuk menggantikan rangkaian transistor sebagai penguat depannya.

Permasalahan dari penelitian ini adalah bagimana unjuk kerja dari penguat daya audio sistem OCL dengan menerapkan IC OP Amp 741 sebagai penguat depan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik penguat audio sistem OCL dengan menerapkan IC Op Amp 741 sebagai penguat depan serta merealisasikan penguat audio sistem OCL dengan menerapkan IC Op Amp 741 sebagai penguat depan. Manfaat dari penelitian ini adalah bagi peneliti untuk mengaplikasikan teori yang telah diperoleh sedangkan bagi pembaca adalah untuk memberikan referensi dan menambah perbendaharaan rangkaian penguat daya bidang audio.

Hasil penelitian ini adalah dapat direalisasikannya sebuah penguat daya audio sistem OCL dengan menerapkan IC OP Amp 741 sebagai penguat depan. Pada pengukuran, penguat daya audio memiliki penguatan sebsar 13,33 kali atau sebesar 22,49 dB pada frekuensi 5 Hz dan 10 Hz. Penguatan naik menjadi 18,89 kali atau 25,52 dB pada frekuensi 15 Hz. Pada frekuensi 20 Hz sampai dengan 20 KHz memiliki penguatan 24,44 kali atau 27,76 dB. Pada frekuensi 25 KHz sampai dengan 35 KHz penguatan turun menjadi 23,89 kali atau 27,56 dB. Sedangkan pada penghitungan secara teoritis besarnya penguatan adalah 26,45 kali. Terdapat selisih penguatan 2,01 kali. Besarnya persen kesalahan pengukuran adalah 8,22 %. Perbedaan antara pengukuran dan perhitungan yang terjadi dikarenakan beberapa hal, antara lain: pada perhitungan tidak diketahui hambatan yang terdapat pada jalur rangkaiannya, sedangkan pada kenyataannya jalur rangkaian pada PCB juga memiliki nilai hambatan selain itu hambatan yang terdapat pada alat ukur juga akan mempengaruhi hasil dari pengukuran. Kualitas dari komponen serta kualitas dari alat ukur yang digunakan juga berpengaruh terhadap hasil pengukuran yang diperoleh. Karakteristik terpenting dari penguat audio adalah tanggapan frekuensi, yang dinyatakan dengan sebuah grafik tanggapan frekuensi. Berdasar pada data penelitian ditunjukkan sebuah penguat daya audio dengan karakteristik yang baik, yaitu pada frekuensi audio (20 Hz – 20.000 Hz) memiliki penguatan yang sama atau merata.

Saran dari penelitian ini, penguat daya audio sistem OCL dengan menerapkan IC Op Amp 741 sebagai penguat depan ini dengan penelitian lebih lanjut dapat digunakan sebagai penguat alat instrumentasi lainnya. Disarankan memasang heatsink yang cukup pada transistor TIP 3055 dan 2955 agar transistor tidak cepat rusak, karena panas yang dihasilkan cukup besar.

Download

Penguat Daya Audio Sistem OCL (Output Capasitor Less) Dengan Menerapkan IC Op Amp 741 Sebagai Penguat Depan, 4.9 out of 5 based on 127 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets