PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN PENDEKATAN MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING POKOK MATERI LARUTAN PENYANGGA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006

This item was filled under [ Kimia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi Jurusan Kimia: PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN PENDEKATAN MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING POKOK MATERI LARUTAN PENYANGGA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006

Ratnasari , 2006. skripsi Jurusan Kimia FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) mencoba memunculkan segala kompetensi yang dimiliki oleh siswa. Dengan sistem ini siswa dituntut untuk aktif dalam proses belajar mengajar. Peningkatan hasil belajar diupayakan melalui berbagai pendekatan pembelajaran. Dalam penelitian ini cara yang dilakukan adalah dengan pendekatan Modification of Reciprocal Teaching, yaitu pendekatan pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran konvensional dengan pendekatan pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan pendekatan Modification of Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran kimia pokok materi larutan penyangga.
Penelitian dilakukan di kelas XI IPA SMA Teuku Umar Semarang. Jumlah siswa terdiri dari 26 Siswa (5 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan).
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Data yang berupa catatan pengamatan dan hasil belajar afektif dianalisis dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan pendekatan triangulasi data. Pertama dilakukan reduksi data, kedua melakukan pemaparan data, dan ketiga dilakukan verifikasi pengambilan simpulan. Sedangkan data yang berupa hasil belajar dianalisis dengan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan menghitung peningkatan hasil belajar menggunakan uji t dan menghitung persentase hasil belajar siswa.
Hasil refleksi siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 6,46; siklus II sebesar 6,92 dan siklus III sebesar 7,92. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I sampai dengan III, yaitu pada siklus I sebesar 53,85%, siklus II sebesar 69,23% dan siklus III sebesar 88,46%.
Sedangkan, berdasarkan uji t dengan kriteria pengujian pada taraf signifikan 5% dan dk = (N-1) diperoleh bahwa harga t > t(1-a)(n-1) pada uji peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II, dari siklus II ke siklus III, dan dari siklus I ke siklus III. Hal ini berarti ada peningkatan hasil belajar yang signifikan dari siklus I ke siklus II, dari siklus II ke siklus III, dan dari siklus I ke siklus III.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pendekatan Modification of Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan pada pokok materi larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Teuku Umar Semarang tahun pelajaran 2005/2006.
Saran yang diajukan ialah guru hendaknya berusaha menciptakan proses pembelajaran yang berlangsung dua arah, memberi motivasi dan bimbingan secara terfokus kepada siswa sehingga siswa merasa memperoleh perhatian dan menjadi antusias dalam proses pembelajaran.

Download

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN PENDEKATAN MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING POKOK MATERI LARUTAN PENYANGGA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006 , 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets