PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DAN STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) DI SMA N 16 SEMARANG

This item was filled under [ Kimia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan Kimia: PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DAN STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) DI SMA N 16 SEMARANG

Renita Tri Parwanti. 2007. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas MIPA , Universitas Negeri Semarang.

Hasil belajar kimia siswa kelas X-5 SMA N 16 Semarang masih relatif rendah yang ditunjukkan dengan sedikitnya jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar yaitu sebesar 38,46 %. Selain itu keterlibatan siswa selama pembelajaran pun masih terbilang rendah. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini adalah dengan ceramah dan cara ini ternyata kurang efektif untuk mencapai ketuntasan belajar siswa. Permasalahan yang ingin diungkap adalah apakah penggunaan kombinasi metode Student Teams Achivement Division (STAD) dan Structure Exercise Methode (SEM) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X-5 SMA N 16 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan kombinasi metode Student Teams Achivement Division (STAD) dan Structure Exercise Methode (SEM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 85 %.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X-5 SMA N 16 Semarang dan terbagi menjadi dua siklus, di mana pada setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65,77 dan pada siklus II meningkat menjadi 75,15. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 71,74 % dan menjadi 89,73 % pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa ini diikuti pula oleh peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 56,36 % pada siklus I dan meningkat menjadi 80 % pada siklus II.
Dari hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah penggunaan kombinasi metode Student Teams Achivement Division (STAD) dan Structure Exercise Methode (SEM) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X-5 SMA N 16 Semarang, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal yang diharapkan yaitu sebesar 85 %.

Download

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DAN STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) DI SMA N 16 SEMARANG, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets