Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Dengan Metode Sosiodrama dan Bermain Peran Pada Siswa

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (129 votes cast)

Skripsi Bahasa dan Sastra Indonesia : Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Dengan Metode Sosiodrama dan Bermain Peran Pada Siswa

Purnomo, Eko. 2005. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa kelas IIB SMP Negeri 21 Semarang masih rendah. Hal ini disebabkan karena latar belakang siswa yang jarang menggunakan bahasa Jawa krama untuk berkomunikasi, anggapan bahwa bahasa Jawa krama itu sulit, dan malasnya siswa untuk belajar bahasa Jawa khususnya berbicara bahasa Jawa krama serta kurang tepatnya metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu digunakan metode yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama. Metode yang dapat digunakan yaitu metode sosiodarama dan bermain peran.

Berdasarkan uraian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan mengangkat masalah: 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa kelas IIB SMP Negeri 21 Semarang setelah dilakukan pembelajaran metode sosiodrama dan bermain peran?, 2) adakah perubahan perilaku siswa setelah dilakukan pembelajaran berbicara bahasa Jawa krama dengan metode sosiodrama dan bermain peran? Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diambil dalam penelitian tindakan kelas ini adalah data tes yang berupa tes keterampilan berbicara bahasa Jawa krama dan data nontes yang berupa hasil observasi, jurnal dan wawancara. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan pembelajaran dengan metode sosiodrama dan bermain peran keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 51,02. Setelah dilakukan tindakan siklus I nilai rata-rata menjadi 64,20, berarti ada peningkatan sebesar 25,84%. Nilai rata-rata siklus I belum mencapai target nilai yang telah ditetapkan. Hasil siklus II mencapai nilai rata-rata 75,00, berarti meningkat 16,81 dari siklus I. Dari prasiklus sampai siklus II nilai rata-rata meningkat 46,99%. Peningkatan nilai rata-rata ini juga disertai peningkatan masing-masing aspek dalam keterampilan berbicara. Aspek pilihan kata pada prasiklus nilai rata-rata sebesar 50,00 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 62,50 dan pada siklus II meningkat menjadi 67,05. Aspek intonasi prasiklus nilai rata-rata sebesar 51,14, setelah dilakukan tindakan siklus I menjadi 69,32 dan hasil siklus II menjadi 81,25. Aspek pelafalan prasiklus sebesar 49,43, siklus I
meningkat menjadi 65,34 dan pada siklu II menjadi 76,14. Aspek unggah-ungguh prasiklus 51,14, siklus I meningkat menjadi 60,23, pada siklu II menjadi 73,30. Aspek kelancaran pada prasiklus sebesar 53,41 kemudian meningkat menjadi 63,64 pada siklus I, pada siklus II menjadi 77,27. Setelah mengikuti pembelajaran berbicara bahasa Jawa krama dengan metode sosiodrama dan bermain peran, siswa selain mengalami peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama yang ditunjukkan dari nilai tes, juga mengalami perubahan perilaku. Siswa yang semula sering menunjukkan perilaku negatif berubah menjadi perilaku positif.

Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu 1) metode sosiodrama dan bermain peran dapat dijadikan alternatif metode dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa krama, 2) para peneliti di bidang pendidikan dan bahasa dapat melekukan penelitian serupa dengan metode pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif metode pembelajaran berbicara bahasa Jawa krama.

Download

Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Dengan Metode Sosiodrama dan Bermain Peran Pada Siswa, 4.8 out of 5 based on 129 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets