Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan TeknikLatihan Terbimbing Berdasarkan Ilustrasi Tokoh Idola Siswa Kelas X.4SMA Negeri 1 Wanadadi Banjarnegara.

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

Skripsi Jurusan bahasa dan sastra Indonesia: Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan TeknikLatihan Terbimbing Berdasarkan Ilustrasi Tokoh Idola Siswa Kelas X.4SMA Negeri 1 Wanadadi Banjarnegara.

Rahayu, Kiki. 2007. Skripsi bahasa dan sasta Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Menulis sebagai salah satu kegiatan yang harus dihadapi siswa dalamproses pembelajaran, terutama untuk mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Melalui kegiatan menulis diharapkan siswa dapat menuangkan idenya baik yangbersifat ilmiah maupun imajinatif. Sekolah sebagai tempat siswa mengenyampendidikan diharapkan dapat memberikan pembelajaran tentang menulis denganbaik menggunakan teknik yang tepat sehingga potensi dan daya kreativitas siswadapat tersalurkan dengan baik, tidak hanya potensi yang terpendam. Permasalahanpenelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis cerpensiswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Wanadadi Banjarnegara setelah mengikutipembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola.(2) bagaimana perubahan sikap dan perilaku siswa kelas X.4 SMA Negeri 1Wanadadi Banjarnegara terhadap pembelajaran menulis cerpen, setelah mengikutipembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola.Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan
peningkatan keterampilanmenulis cerpen siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Wanadadi Banjarnegara setelahmengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasitokoh idola. (2) mendeskripsikan pendapat siswa kelas X.4 SMA Negeri 1Wanadadi Banjarnegara terhadap pembelajaran menulis cerpen, setelah mengikutipembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan prosedur PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklusII. Tiap siklus terdiri atas, (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4)refleksi. Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Data tes yaitu berupapenilaian keterampilan menulis cerpen. Sedangkan alat pengambilan data nontesyang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasifoto. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Simpulan dari penelitian ini yaitu peningkatan keterampilan menuliscerpen siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Wanadadi Banjarnegara setelah mengikutipembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idolaterlihat dari hasil tes menulis cerpen siswa pada tahap prasiklus, siklus I, dansiklus II. Nilai rata-rata siswa pada prasiklus mencapai 53 kemudian setelahdilakukan siklus I meningkat menjadi 73 atau meningkat sebanyak 25,94% dariprasiklus. Setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 78 atau meningkatsebanyak 7,58% dari siklus I dan meningkat sebanyak 49,22% dari prasiklus.

Download

Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan TeknikLatihan Terbimbing Berdasarkan Ilustrasi Tokoh Idola Siswa Kelas X.4SMA Negeri 1 Wanadadi Banjarnegara., 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets