Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Model Pembelajaran Pendidikan Luar Ruang dan Media Musik Klasik pada Siswa Kelas X

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (34 votes cast)

skripsi jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia: Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Model Pembelajaran Pendidikan Luar Ruang dan Media Musik Klasik pada Siswa Kelas X 6 SMA Islam Sultan Agung I Semarang

Purwanti, Dewi. 2007. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu diajarkan pada siswa secara terpadu dengan keterampilan berbahasa yang lain. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang menganggap keterampilan berbahasa yang paling sulit. Keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X6 SMA Islam Sultan Agung I Semarang sudah baik. Namun, pencapaian prestasi ini belum memenuhi target yang telah ditetapkan yakni 75. Oleh karena itu, perlu digunakan model dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran pendidikan luar ruang dan media musik klasik.

Penelitian ini mengkaji masalah mengenai 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas X6 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran pendidikan luar ruang dan media musik klasik dan 2) bagaimanakah perubahan sikap dan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran pendidikan luar ruang dan media musik klasik. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran pendidikan luar ruang dan media musik kalsik dan untuk mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran pendidikan luar ruang dan media musik klasik.
Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran pendidikan luar ruang dan media musik klasik pada siswa kelas X6 SMA Islam Sultan Agung I Semarang dengan target pada siklus I dan siklus II adalah 75. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran pendidikan luar ruang dan media musik klasik. Teknik nontes berupa perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto pada siswa kelas X6 SMA Islam Sultan Agung I Semarang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II, baik data tes maupun data nontes. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran pendidikan luar ruang dan media musik klasik, yaitu sebesar 8,28 dari nilai 71,20 pada siklus I بmenjadi 79,48 pada siklus II meskipun masih berada pada kategori baik. Artinya keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan model pembelajaran pendidikan luar ruang dan media musik klasik pada setiap aspeknya, siswa kelas X6 mampu mengembangkan ide dan topik yang sesuai serta menggambarkannya dengan cukup jelas. Penyusunan kalimat cukup baik dan unsur-unsurnya cukup jelas, penulisan ejaan dan tanda baca cukup tepat, pemilihan kata cukup baik sesuai dengan isi, keterpaduan antara kohesi dan koherensi cukup utuh, penggunaan pencitraan yang sudah cukup lengkap, dan mampu memusatkan uraian pada objek yang ditulis.
Hasil analisis data nontes menunjukkan adanya peningkatan perilaku, siswa kelas X6 SMA Islam Sulatan Agung I Semarang mengalami peningkatan. Penulis menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan model pembelajaran pendidikan luar ruang dan media musik klasik untuk pembelajaran menulis. Kepada siswa agar aktif berlatih untuk menulis, terutama menulis karangan deskripsi. Bagi peneliti diharapkan melakukan penelitian dengan menggunakan model dan media lain untuk menambah khasanah ilmu bahasa.

Download

Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Model Pembelajaran Pendidikan Luar Ruang dan Media Musik Klasik pada Siswa Kelas X, 4.8 out of 5 based on 34 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Model Pembelajaran Pendidikan Luar Ruang dan Media Musik Klasik pada Siswa Kelas X”

  • 5 February, 2012, 15:45

    makasih… dan kedepannya semoga skripsi Bahasa Indonesia makin diperbanyak…. sehimgga dapat dijadikan sebagi bahan perbandingan dan dapat dijadikan sebagai sumber penulisan maupun perbaikan 

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets