PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK WAWANCARA DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII-B SMP 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2006/2007

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia : PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK WAWANCARA DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII-B SMP 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2006/2007

Retno Astuti , 2006, Skripsi, Bahasa dan Sastra Indonesia , FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG2006

Rendahnya keterampilan menyimak wawancara siswa memerlukan adanya perbaikan proses pembelajaran. Pada umumnya, pembelajaran menyimak yang berlangsung kurang efektif. Siswa menganggap keterampilan menyimak merupakan keterampilan berbahasa yang paling sulit dan siswa merasa kurang termotivasi dalam pembelajaran tersebut.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan keterampilan menyimak wawancara dan perubahan perilaku siswa kelas VII-B SMP 10 Semarang dalam pembelajaran keterampilan menyimak wawancara setelah diberikan tindakan pembelajaran dengan media audiovisual berupa VCD melalui pendekatan kooperatif metode NHT. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan menyimak wawancara dan perubahan perilaku siswa kelas VII-B SMP 10 Semarang dalam pembelajaran menyimak wawancara setelah diberikan tindakan pembelajaran dengan media audiovisual berupa VCD melalui pendekatan kooperatif metode NHT.
Penelitian ini ingin menerapkan media VCD yang berisi rekaman teks wawancara dengan seorang tokoh atau narasumber dan pendekatan kooperatif metode NHT dalam pembelajaran keterampilan menyimak wawancara. Hal ini dimaksudkan untuk membantu dan memotivasi siswa dalam menemukan hal-hal penting dari teks yang disimak, menuliskan isi wawancara dalam bentuk paragraf, dan mengungkapkan secara lisan isi wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP 10 Semarang dengan sumber data siswa kelas VII-B yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, yang tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pengamatan, tindakan, dan refleksi. Langkah pembelajarannya yaitu: (1) siswa menyimak VCD, (2) siswa menuliskan hal-hal penting, (3) siswa berkelompok dan diberi nomor yang berbeda dalam tiap kelompok, (4) dalam kelompok siswa mendiskusikan isi wawancara kemudian ditulis dalam bentuk paragraf, (5) guru menyebut salah satu nomor, kemudian siswa yang nomornya disebut mengangkat tangan, lalu guru menyebut salah satu nama kelompok, (6) siswa yang terpilih maju untuk presentasi hasil kerja kelompok, dan (7) melalui langkahyang sama kelompok lain memberikan tanggapan.

Download

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK WAWANCARA DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII-B SMP 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2006/2007, 4.9 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK WAWANCARA DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII-B SMP 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2006/2007”

  • mahyudi
    9 October, 2011, 17:01

    Boleh minta ngak skripsi pendekatan keterampilan menyimak kirimkan dong karena saya lagi nyusun tesis.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets