Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Permainan Cipta Lagu Dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Nasima Semarang

This item was filled under [ sendratasik ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan Sendratasik: Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Permainan Cipta Lagu Dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Nasima Semarang

Husodo, Sri. 2007. Skripsi sendratasik, Fakultas bahasa dan seni, Universitas Negeri Semarang.

Tujuan mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik adalah mengembangkan aspek kreasi dan apresiasi seni. Dalam aspek kreasi banyak kendala yang dihadapi karena berkreasi atau menciptakan komposisi yang baru dibutuhkan pengetahuan yang luas mengenai dasar-dasar seni musik. Di sisi lain dasar-dasar seni musik di SMP sangatlah kurang untuk diterapkan pada siswa – siswi SMP karena keterbatasan waktu untuk mata pelajaran tersebut.

Berawal dari hal tersebut perlu dicari metode yang menarik siswa agar proses pembelajaran seni musik menyenangkan, memberikan manfaat khususnya dalam rangka peningkatan kreativitas. Kreativitas adalah sesuatu yang sangat penting bagi siswa dalam mengarungi kehidupan pada masa yang akan datang. Maka permasalahan yang muncul yaitu “ bagaimana model permainan cipta lagu pada pembelajaran seni budaya untuk meningkatkan kreativitas siswa di SMP Nasima Semarang”.
Penelitian yang dilakukan di SMP Nasima Semarang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana model permainan cipta lagu pada pembelajaran seni budaya untuk meningkatkan kreativitas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, test perbuatan dan test tertulis serta pengamatan langsung selama kegiatan dilaksanakan. Setelah itu data dikumpulkan, diklarifikasi, direduksi, dan teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber, metode dan data.
Hasil penelitian dari perjalanan siklus 1 sampai siklus yang ke 3 terjadi peningkatan kreativitas, motivasi belajar dan suasana pembelajaran yang menarik dan kondusif. Bukti dari bentuk kreativitas adalah dihasilkanya sebuah karya dari kelas yang mendapat metode pembelajaran tersebut. Dalam metode pembelajaran permainan seperti ini perlu dukungan alat musik untuk memudahkan mencari lagu khususnya dalam harmonisasi.
Saran yang ingin penulis sampaikan melalui penelitian ini adalah perlunya penularan informasi model pembelajaran cipta lagu ini ke sekolah lain. Karya – karya yang sudah terkumpul dari ide siswa hendaknya dijadikan dokumentasi atau dibuatkan album khusus karya siswa, agar motivasi belajar terhadap pelajaran seni budaya semakin tumbuh dan karya mereka dapat menjadi sumbangan kreativitas bagi lembaga pendidikan.

Download

Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Permainan Cipta Lagu Dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Nasima Semarang, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets