Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia dengan Pendekatan Chenoentrepreneurship (CEP) pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di SMA Kesatrian 2 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007

This item was filled under [ Kimia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia: Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia dengan Pendekatan Chenoentrepreneurship (CEP) pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di SMA Kesatrian 2 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007

Nia Dwi Wahyuni Lestari, 2007. Skripsi Pendidikan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Kecenderungan sikap guru yang memberikan pembelajaran kimia dengan ceramah, mengajak siswa untuk membaca bahan ajar, menghafal mengakibatkan siswa cenderung merasa bosan, jengkel, dan tidak adanya kemauan dalam benak siswa untuk mendalaminya. Dalam suatu proses belajar mengajar guru berperan sebagai motivator dan fasilitator. Guru harus dapat merangsang dan memberikan dorongan serta reinforcement untuk mendinamiskan potensi siswa, aktivitas, kreatifitas sehingga akan terjadi dinamika di dalam proses belajar mengajar dan memberikan fasilitas atau memudahkan dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia, serta observasi di SMA Kesatrian 2 Semarang diketahui bahwa motivasi siswa untuk belajar kimia masih rendah. Hal tersebut berakibat pada rendahnya tingkat ketuntasan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa

Pembelajaran dengan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) adalah suatu pendekatan pembelajaran kontekstual yaitu pendekatan pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan obyek nyata, sehingga selain mendidik, siswa juga dapat mempelajari pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bermanfaat, bernilai ekonomi dan menumbuhkan entrepreneurship spirit.
Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Masing-masing siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian, nilai rata-rata motivasi belajar awal sebesar 69,24 dengan kriteria sedang 52,17% dan kriteria tinggi 47, 83% meningkat pada motivasi belajar akhir memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,78 dengan kriteria sedang 10,87%, kriteria tinggi 86,96% dan kriteria sangat tinggi 2,17%. Hasil belajar kognitif siklus I, memperoleh nilai rata-rata 64,67, pada siklus II 69,26 dan pada siklus III 71,44. Ketuntasan belajar yang dicapai pada siklus I 60,87% meningkat pada siklus II 78,26% dan terjadi peningkatan lagi pada siklus III 84,785. Hasil belajar psikomotorik pertama, siswa secara klasikal yang mendapat kriteria kurang 2,17%, kriteria cukup 32,61% dan kriteria baik 65,22% dengan nilai rata-rata 70,92 meningkat pada psikomotorik kedua dengan kriteria cukup 6,52% dan kriteria baik 93,48% dengan niali rata-rata 77,31. Hasil entrepreneurship spirit siswa memperoleh nilai rata-rata 70,15 dengan kriteria rendah sebesar 4,35%, kriteria sedang sebesar 52,17%, kriteria tinggi sebesar 30,43%, kriteria sangat tinggi sebesar 13,04%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) dapat meningkatkan motivasi belajar, hasil belajar kognitif, hasil belajar psikomotorik dan menumbuhkan entrepreneurship spirit siswa.

Download

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia dengan Pendekatan Chenoentrepreneurship (CEP) pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di SMA Kesatrian 2 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007 , 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets