Pensertifikatan Tanah Wakaf Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 Di Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Pensertifikatan Tanah Wakaf Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 Di Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal

Hary Agus Santoso, 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Pensertifikatan tanah wakaf ini dimaksudkan agar menjamin adanya kepastianhukum terhadap suatu hak atas tanah. Di sinilah terdapat hubungan antara maksuddan tujuan dibentuknya Undang-undang Pokok Agraria dengan tujuan daripensertifikatan tanah. Dalam pasal 19 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960,dinyatakan bahwa ketentuan yang memuat tentang pensertifikatan tanah akandiatur dalam suatu Peraturan Pemerintah tersendiri yaitu Peraturan PemerintahNomor 10 Tahun 1961 yang telah disempurnakan dengan berlakunya PeratuanPemerintah Nomor 24 Tahun 1997. Pensertifikatan tanah wakaf merupakanbagian dari pensertifikatan tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia. Adapunketerangan-keterangan atau data-data tanah yang diperoleh dari prosespensertifikatan tanah merupakan proses atau mata rantai yang tiada hentihentinya.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanapraktek Pensertifikatan Tanah Wakaf di Desa Jatimulya Kecamatan SuradadiKabupaten Tegal ditinjau dari Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997. (2)Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaanpensertifikatan tanah wakaf di Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi KabupatenTegal. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pensertifikatantanah wakaf di Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal setelahberlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997. (2) Untuk mengetahuifaktor-faktor keberhasilan pensertifikatan tanah wakaf di Desa JatimulyaKecamatan Suradadi Kabupaten Tegal.

Data penelitian ini diperoleh pada tanggal 25 April s/d 15 Mei 2005 di DesaJatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal melalui Kantor Urusan AgamaKecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Fokus dalam penelitian ini adalahpensertifikatan tanah wakaf berdasarkan peraturan pemerintah nomor 24 tahun1997 di Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Data yangdikumpulkan dianalisis dengan metode wawancara dan metode studi dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa tata cara pensertifikatan tanah wakafbertujuan untuk mencapai adanya kepastian hukum. Faktor-faktor yangberpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan pensertifikatan tanah wakafadalah adanya kesadaran akan kerjasama antara PPAIW dengan Nadzir. Dankesadaran dari wakif untuk mendaftarkan tanah yang akan diwakafkan.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa denganadanya pensertifikatan tanah wakaf ini maka akan terdapat perlindungan danjaminan kepastian hukum bagi tanah-tanah wakaf di seluruh Indonesia.

Mengingat pentingnya keberadaan tanah wakaf, maka upaya untukmelindungi dan memberikan jaminan kepastian hak atas tanah wakaf hendaknyasemakin ditingkatkan. Hal ini akan lebih baik apabila diadakan kerjasama antarainstansi-instansi terkait dalam melakukan pensertifikatan tanah wakaf, karena haltersebut sangan besar manfaatnya.

Download

Pensertifikatan Tanah Wakaf Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 Di Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets