Penyajian Informasi Pariwisata Di Kabupaten Tegal Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (113 votes cast)

Skripsi jurusan geografi: Penyajian Informasi Pariwisata Di Kabupaten Tegal Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)

Purwani Wisantisari, 2005. Skripsi jurusan geografi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Penyajian informasi pariwisata di Kabupaten Tegal masih memerlukanpengembangan, hal ini dikarenakan informasi tentang objek wisata tersebut masihkurang. Untuk lebih mengembangkan pariwisata di Kabupaten Tegal diperlukansuatu informasi yang lebih informatif sehingga dapat memberikan kemudahanbagi wisatawan.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Objek-objekwisata apa sajakah yang berpotensi di Kabupaten Tegal, (2) Belum adanya sisteminformasi pariwisata berbasis SIG di Kabupaten Tegal. Penelitian ini bertujuan:(1) Identifikasi dan inventarisasi objek-objek wisata yang berpotensi di KabupatenTegal, (2) Menyajikan sistem informasi objek wisata berbasis SIG.

Ruang lingkup penelitian ini adalah objek wisata di wilayah administratifKabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua objek wisata yangada di Kabupaten Tegal yang berjumlah sebelas objek wisata. Pengambilansampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel yang diambilberjumlah lima yaitu Pemandian Air Panas Guci, Pantai Purwahamba Indah, TirtaWaduk Cacaban, Gunung Tanjung dan Makam Sunan Amangkurat I. Variabelyang diteliti yaitu: (1) Potensi pariwisata (2) Aksesbilitas (3) Akomodasi (4)Fasilitas penunjang wisata (5) Informasi pariwisata (6) Jumlah pengunjung objekwisata. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahwawancara, kuesioner, dokumentasi dan observasi. Alat-alat penelitian yangdigunakan yaitu perangkat komputer, scaner, dan GPS. Metode analisis data yangdigunakan adalah analisis dengan SIG, analisis deskriptif, dan analisis kuantitatif.

Berdasarkan analisis hasil kuesioner, objek wisata yang ada di KabupatenTegal merupakan objek wisata yang cukup menarik tetapi ada pula objek wisatayang kurang menarik, akomodasi cukup mudah didapat, aksesbilitas cukup mudahdijangkau, serta informasi pariwisata yang cukup informatif. Dari kelima objekwisata yang diteliti terdapat tiga objek wisata yang menarik yaitu Pemandian airPanas Guci, Pantai Purwahamba Indah dan Makam Sunan Amangkurat I.

Sedangkan objek wisata yang kurang menarik berjumlah dua objek wisata yaituTirta Waduk Cacaban dan Gunung Tanjung I. Tirta Waduk Cacaban jauhtertinggal mengenai penataan dan pengembangannya. Objek wisata Gunungtanjung merupakan objek wisata yang akan dikembangkan jangka pendeksehingga daya tarik objek wisata ini kurang menarik. Hal ini dikarenakan kondisijalan menuju ke objek tersebut cukup sulit karena berada di bukit serta objekerkesan angker dan sepi. Objek ini hanya akan ramai dikunjungi setahun sekaliyaitu adanya tradisi rebo wekasan.

Berdasarkan hasil analisis dengan SIG dapat diketahui bahwa objek wisatayang berpotensi di Kabupaten Tegal adalah Pemandian Air Panas Guci danPantai Purwahamba Indah. Wilayah Kabupaten Tegal memiliki potensipariwisata. Sarana dan prasarana wilayah Kabupaten Tegal cukup memadai untukmenunjang kegiatan kepariwisataan. Informasi pariwisata yang ada di KabupatenTegal termasuk dalam kelas III yaitu cukup informatif, artinya informasi cukuplengkap dan cukup mudah didapat. Dengan menggunakan SIG dapat disajikaninformasi pariwisata yang lebih lengkap, cepat, dan data yang dihasilkan lebihakurat. Diharapkan terdapat seperangkat komputer yang dilengkapi program ArcView disertakan cara mengoperasikan program tersebut sehingga semua pejabatDinas Pariwisata Kabupaten Tegal dan masyarakat Kabupaten Tegal dapatmengoperasikan teknologi SIG dengan baik dan benar.

Download

Penyajian Informasi Pariwisata Di Kabupaten Tegal Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG), 4.8 out of 5 based on 113 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets