Penyusunan Tes Diagnostik Fisika Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Untuk Siswa Kelas X SMA di Kota Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006

This item was filled under [ Fisika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan fisika: Penyusunan Tes Diagnostik Fisika Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Untuk Siswa Kelas X SMA di Kota Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006

Yunita Kurnia Sholfiani.2006. Skripsi fisika, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Hasil belajar siswa SMA khususnya mata pelajaran Fisika masih tergolong rendah. Hal itu menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar. Salah satu cara untuk mengetahui letak kesulitan yang dialami siswa yaitu melalui tes diagnostik

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik butir tes dignostik Fisika pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus yang disusun?, (2) Bagaimana hasil belajar Fisika pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus siswa kelas X SMA di Kota Semarang?, (3) Sumber kesulitan apa saja yang dialami siswa ketika belajar Fisika khususnya pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus?.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA se-Kota Semarang. Sampel yang berjumlah 142 siswa dari 4 sekolah ditentukan dengan teknik area probability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis karakteristik butir soal, analisis persentase pencapaian siswa dan analisis persentase skor pada masing-masing pendekatan diagnostik.
Hasil menunjukkan bahwa butir tes diagnostik fisika yang disusun memiliki taraf kesukaran rata-rata sedang, dan daya pembeda rata-rata cukup. Persentase kevalidan soal 94,28%, derajat reliabilitasnya tergolong sedang dengan koefisien reliabilitas soal pilihan ganda sebesar 0.56 dan untuk soal esai 0.671. Persentase pencapaian siswa secara umum berada di bawah batas pencapaian (passing score) yaitu 65%. Siswa secara umum memiliki kelemahan pada pencapaian tujuan pengajaran, penguasaan prasyarat pengetahuan, pengetahuan terstruktur dan masih mengalami miskonsepsi.
Berdasarkan hasil penelitian ,dapat disimpulkan bahwa secara umum siswa SMA kota Semarang mengalami kesulitan belajar pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus. Oleh karena itu siswa perlu mendapatkan pengajaran remedial sesuai dengan jenis kesulitannya. Semoga hasil penelitian ini bermanfaat bagi semua.

Download

Penyusunan Tes Diagnostik Fisika Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Untuk Siswa Kelas X SMA di Kota Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets