Peramalan Banyaknya Pengunjung Perpustakaan Tahun 2006 dengan Metode Dekomposisi Pada Kantor Perpustakaan Kabupaten Pemalang

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi matematika : Peramalan Banyaknya Pengunjung Perpustakaan Tahun 2006 dengan Metode Dekomposisi Pada Kantor Perpustakaan Kabupaten Pemalang

Al Arief Taufik, 2005. Skripsi jurusan matematika, Fakultas Mipa, Universitas Negeri Semarang.

Pendidikan sangat penting peranannya dalam suatu negara. Untuk itu pemerintah menggalakan program “ Gemar Membaca “ dan sebagai sarana penunjang adalah perpustakaan. Di Pemalang terdapat banyak sekolah dan Perguruan Tinggi. Untuk meningkatkan mutu Sekolah dan Perguruan Tinggi tersebut diperlukan perpustakaan, salah satunya Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Pemalang yang berada di Alun-alun Kota Pemalang. Salah satu tolok ukur keberhasilan perpustakaan adalah tingkat peminjaman buku atau banyaknya pengunjung masyarakat di perpustakaan. Ramalan pengunjung memegang peranan penting, karena merupakan komponen utama yang perlu diperhatikan di dalam perencanaan-perencanaan tersebut.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana fluktuasi pengunjung tahun 2000-2004 di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Pemalang dan berapa besar perkiraan banyaknya pengunjung perpustakaan tahun 2006 di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Pemalang, sehingga nantinya dapat diketahui perkembangan banyaknya pengunjung di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Pemalang selama tahun 2000-2004 dan peramalan banyaknya pengunjung pada tahun 2006.

Membuat ramalan tersebut didasarkan pada data-data tahun sebelumnya. Peramalan yang digunakan menggunakan metode dekomposisi, yaitu yang terdiri dari trend, musim ,siklis, dan random. Adapun hasil peramalannya merupakan hasil penggabungan dari faktor trend dan musim.

Perkembangan banyaknya pengunjung Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Pemalang selama tahun 2000 sampai tahun 2004 menunjukkan adanya kecenderungan menurun dari tiap kuartal ke kuartal berikutnya. Hasil peramalan banyaknya pengunjung Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Pemalang tahun 2006 dari kuartal I sampai IV adalah 43365, 43304, 43204, dan 43005. Melihat hasil peramalan yang menunjukkan akan terjadi penurunan banyaknya pengunjung, maka perlu dicari strategi dalam meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung. Seperti penambahan koleksi buku, peremajaan sampul agar lebih menarik, dan meningkatkan mutu pelayanan.

Hasil peramalan di tahun 2006 terhadap banyaknya pengunjung di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Pemalang menunjukkan bahwa akan mengalami penurunan, oleh karena itu perlu dicari strategi misalnya dengan peningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat pengguna, penataan buku lebih teratur untuk mempermudah mencari buku yang diinginkan pengunjung, penambahan koleksi buku, peremajaan sampul buku agar lebih menarik, maupun promosi-promosi agar masyarakat tertarik untuk mengunjungi perpustakaan.

Download

Peramalan Banyaknya Pengunjung Perpustakaan Tahun 2006 dengan Metode Dekomposisi Pada Kantor Perpustakaan Kabupaten Pemalang, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets