PERAMALAN JUMLAH PENGUNJUNG DENGAN METODE DEKOMPOSISI SERTA KONTRIBUSI JUMLAH PENGUNJUNG TERHADAP PENDAPATAN OBJEK WISATA PANTAI PURWAHAMBA INDAH TEGAL

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN Matematika: PERAMALAN JUMLAH PENGUNJUNG DENGAN METODE DEKOMPOSISI SERTA KONTRIBUSI JUMLAH PENGUNJUNG TERHADAP PENDAPATAN OBJEK WISATA PANTAI PURWAHAMBA INDAH TEGAL

Mei Dwi Martika . 2006. Skripsi JURUSAN Matematika,FAKULTAS MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Kepariwisataan di Indonesia telah tumbuh dan berkembang menjadi suatu industri yang tak lepas dari peran serta masyarakat. Salah satu tujuan wisata di daerah Tegal adalah Objek Wisata Pantai Purwohamba Indah Tegal yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Perhubungan Kabupaten Tegal. Banyaknya pengunjung di objek wisata pantai tersebut mengalami fluktuasi pada tiap kuartalnya karena disebabkan adanya factor musiman.

Berdasarkan data yang terdapat pada masa lampau yang dianalisis dengan menggunakan cara-cara tertentu dapat diketahui ramalan (forecast) jumlah pengunjung pada tahun yang akan datang. Peramalan (forecasting) merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pengambilan keputusan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode Dekomposisi untuk peramalan jumlah pengunjung di objek wisata pantai Purwahamba Indah Tegal dan berapa ramalan jumlah pengunjung di objek wisata pantai Purwahamba Indah Tegal tahun 2007.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode dekomposisi ramalan jumlah pengunjung di objek wisata pantai Purwahamba Indah Indah Tegal pada setiap kuartal tahun 2007. pada penelitian digunakan metode Dekomposisi adalah salah satu metode peramalan dengan cara menghilangkan pengaruh variasi musiman, jumlah data masing-masing kuartal dibagi oleh indeks musim untuk kuartal yang bersangkutan. Metode yang digunakan untuk menghitung indeks musiman data ini adalah dengan metode rata-rata sederhana.
Metode penelitian yang digunakan pada adalah studi pustaka, observasi, wawancara, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah jumlah pengunjung anak-anak dan dewasa pada bulan januari 2002 sampai dengan bulan desember 2006. data yang diperoleh kemudian dianalisis.
Hasil penelitian ini diperoleh forecasting jumlah pengunjung di objek wisata pantai Purwahamba Indah Tegal dengan metode Dekomposisi pada tahun 2007 sebagai berikut. Jumlah pengunjung anak-anak, ramalan (forecast) kuartal 1 sebanyak 7.917 anak, kuartal II sebanyak 16.403 anak, kuartal III sebanyak 16.403 anak, dan kuartal IV sebanyak 24.782 anak. Sedangkan untuk jumlah pengunjung dewasa, ramalan (forecast) kuartal I sebanyak 23.835 orang, kuartal II sebanyak 26.584 orang, kuartal III sebanyak 15.213 orang, dan kuartal IV sebanyak 53.568 orang. Adapun saran yang dapat disampaikan setelah diperoleh hasil ramalan (forecast) jumlah pengunjung tahun 2007 adalah agar jumlah pengunjung terus bertambah hendaknya Dinas Perhubungan dan Pariwisata kota Slawi lebih sering mengadakan promosi atau penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata serta penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, dalam erhitungan dengan metode ini masih menggunakan software excel.

Download

PERAMALAN JUMLAH PENGUNJUNG DENGAN METODE DEKOMPOSISI SERTA KONTRIBUSI JUMLAH PENGUNJUNG TERHADAP PENDAPATAN OBJEK WISATA PANTAI PURWAHAMBA INDAH TEGAL, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets