PERAMALAN KOMPOSISI PENDUDUK KOTA SEMARANG MENURUT JENIS KELAMIN DENGAN METODE PEMULUSAN EKSPONENSIAL GANDA DARI HOLT

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi Matematika : PERAMALAN KOMPOSISI PENDUDUK KOTA SEMARANG MENURUT JENIS KELAMIN DENGAN METODE PEMULUSAN EKSPONENSIAL GANDA DARI HOLT

Dahlia Arom, 2005. Skripsi Jurusan Matemaitka, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Penduduk adalah pelaksana sekaligus sasaran pembangunan. Untukmenggambarkan tentang keadaan penduduk secara khusus dilihat darikomposisinya, salah satunya adalah jumlahpenduduk menurut jenis kelamin.Model peramalan pemulusan eksponensial ganda dari Holt merupakan salah satumodel ramalan data berkala yang digunakan untuk meramalkan komposisipenduduk Kota Semarang berdasar jenis kelamin.

Permasalahan yang dikaji yaitu: (1) bagaimana metode pemulusaneksponensial ganda dari Holt untuk peramalan komposisi penduduk KotaSemarang (2) berapakah banyak penduduk Kota Semarang menurut jenis kelaminuntuk tahun 2004 dan 2005. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahuipenggunaaan metode pemulusan eksponensial ganda dari Holt untuk peramalankomposisi penduduk Kota Semarang menurut jenis kelamin (2) mengetahuiberapa banyak penduduk Kota Semarang menurut jenis kelamin untuk tahun 2004dan 2005.

Metode penelitian yang digunakan adalah identifikasi masalah denganstudi pustaka, dengan telaah studi pustaka diperoleh perumusan masalah, datadiperoleh dari observasi di BPS Kota Semarang yaitu data banyaknya pendudukberdasarkan jenis kelamin tahun 1993-2003, analisis data dengan membuat scatterdiagram, menentukan persamaan garis, menghitung nilai Ft+m denganmenggunakan metode pemulusan eksponensial ganda dari Holt, menghitungkesalahan peramalan, penarikan simpulan merupakan jawaban dari permasalahan.

Simpulan dari hasil penelitian adalah: (1) penggunaan metode pemulusaneksponensial ganda dari Holt untuk peramalan komposisi penduduk KotaSemarang dilakukan melalui analisis a. membuat scatter diagram sehingga terlihatpola trend. b. menemukan persamaan garis, Ft = 551636,53846 + 9856,92308 t(untuk laki-laki) dan Ft = 564938,92308 + 9522,15385 t (untuk perempuan). c.menentukan harga ramalan F15 (untuk tahun 2004) dan F16 (untuk tahun 2005)dengan a = 0,9 dan g = 0,1. d. menentukan kesalahan peramalan dengan a =0,1;0,3;0,7;0,9 dan g = 0,1;1,3;0,7;0,9 dari kesalahan-kesalahan tersebut akandipilih kesalahan yang terkecil. Dari analisis diatas ditarik simpulan bahwaPemulusan Eksponensial Ganda dari Holt dapat digunakan untuk meramalkankomposisi penduduk Kota Semarang apabila datanya trend linier dan tidakbersifat musiman. (2) nilai ramalan banyaknya penduduk jenis kelamin laki-lakiuntuk periode ke-15 (2004) adalah 689800 orang dan untuk periode ke-16 (2005)adalah 699656 orang. Sedangkan, nilai ramalan banyaknya penduduk jeniskelamin perempuan untuk periode ke-15 (2004) adalah 697021, dan untukperiode ke-16 (2005) adalah 706543 orang.

Saran yang diajukan dalam penelitian ini (1) agar BPS Kota Semarangmencoba menggunakan metode Pemulusan Eksponensial Ganda dari Holt yangtelah dibahas di depan untuk peramalan komposisi penduduk atau yang lainnya.(2) diperlukan penelitian lebih lanjut tentang penggunaan metode PemulusanEksponensial dari Holt untuk peramalan yang lainnya. (3) diperlukan penelitian lebih lanjut tentang metode-metode peramalan yang lebih praktis, lebih efisien serta menghasilkan kesalahan peramalan yang lebih kecil dibandingkan dengan metode Pemulusan Eksponensial Ganda dari Holt.

Download

PERAMALAN KOMPOSISI PENDUDUK KOTA SEMARANG MENURUT JENIS KELAMIN DENGAN METODE PEMULUSAN EKSPONENSIAL GANDA DARI HOLT, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets