Peramalan Komposisi Penduduk Menurut Jenis Kelamin Tahun 1997 – 2003 di Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora Dengan Metode Trend Non Linier.

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi statistika terapan dan komputasi: Peramalan Komposisi Penduduk Menurut Jenis Kelamin Tahun 1997 – 2003 di Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora Dengan Metode Trend Non Linier.

Anik Setyowati. 2005. skripsi Jurusan statistika terapan dan komputasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang..

Kecamatan Kradenan merupakan suatu kecamatan yang mempunyai penduduk sangat banyak. Kecamatan Kradenan terbagi menjadi 10 (sepuluh) desa/kelurahan yaitu kelurahan Megeri, Nglebak, Getas, Nginggil, Ngrawoh, Mendenrejo, Sumber, Mojorembun, Medalem, dan Nglungger.
Tujuan perhitungan ini pada intinya untuk mengetahui kedekatan hasil ramalan dengan hasil sesungguhnya komposisi penduduk Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora menurut jenis kelamin dengan menggunakan metode trend non linier.
Permasalahan yang diambil mengenai penggunaan metode polinom pangkat tiga apakah metode tersebut dapat digunakan dalam peramalan komposisi penduduk kecamatan Kradenan sehingga didapatkan peramalan yang akurat
artinya apakah ramalan yang dihasilkan itu representative dan berapakah jumlah penduduk di Kecamatan Kradenan tersebut pada tahun 2006.
Metode kecenderungan (trend) yang digunakan adalah berdasarkan data berkala dengan persamaan ramalannya Y = a + bX. Ruang lingkup yang dilakukan penulis mengenai masalah jumlah penduduk di Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora. Dengan Demikian variable yang dapat digunakan, untuk variable X adalah tahun dan variable Y adalah jumlah penduduk Kecamatan Kradenan Kabupaten Blota tahun 1997 – 2003. Cara pengambilan data diperoleh dengan metode dokumentasi di kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah.. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam peramalan ini adalah metode trend non linier polinom pangkat dua.
Hasil dari analisis data tersebut menunjukkan bahwa metode trend non linier dengan polinom pangkat dua dapat digunakan untuk melakukan peramalan penduduk di Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora. Hal ini dibuktikan dengan R yang besar dan Standard Error yang didapatkan dari perhitungan pada lampiran 5 yaitu data sebenarnya dengan data ramalan memiliki Standard Error yang kecil. Dapat kita lihat data dari data pada lampiran 1 menunjukkan bahwa jumlah oenduduk di Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora mengalami kenaikan setiap tahunnya, meskipun pada tahun berikutnya mengalami penurunan. Walaupun terjadi demikian, sebaiknya Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora juga harus mempersiapkan segala sesuatunya apabila tahun–tahun selanjutnya terjadi kenaikan penduduk, baik itu pengolahan sumber daya alamnya maupun sumber daya manusianya.

Download

Peramalan Komposisi Penduduk Menurut Jenis Kelamin Tahun 1997 – 2003 di Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora Dengan Metode Trend Non Linier., 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets