Peranan KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan Guru SD Se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Peranan KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan Guru SD Se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga.

Rina Ermawati, 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang berasaskan kekeluargaandengan mengutamakan rasa persaudaraan, solidaritas dan persatuan diantara paraanggota. Koperasi hadir ditengah-tengah masyarakat dengan mengemban tugas antujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakatpada umumnya.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Peranan KPRI Ngesti BinaMulya dalam meningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan KutasariBojongsari Kabupaten Purbalingga, (2) Hambatan yang dihadapi KPRI Ngesti BinaMulya dalam meningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan KutasariBojongsari Kabupaten Purbalingga, (3) Upaya yang dilakukan oleh KPRI NgestiBina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan KutasariBojongsari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahuiPeranan KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga, (2) Untuk mengetahuihambatan yang dihadapi KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkankesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga,(3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh KPRI Ngesti Bina Mulya dalammeningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari KabupatenPurbalingga.

Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahpendekatan kualitatif dengan fokus peranan KPRI Ngesti Bina Mulya dalammeningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari KabupatenPurbalingga, hambatan yang dihadapi KPRI Ngesti Bina Mulya dalammeningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari KabupatenPurbalingga, upaya yang dilakukan oleh KPRI Ngesti Bina Mulya dalammeningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari KabupatenPurbalingga. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, observasi dandokumentasi. Validitas data diuji dengan teknik triangulasi, kemudian dianalisismelalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa koperasi dalammenjalankan unit usahanya mempunyai peranan yang sangat penting bagikesejahteraan anggotanya. Peranan yang diberikan koperasi kepada anggotanyadengan memberikan simpan pinjam, mengusahakan barang-barang kebutuhananggota maupun memberikan pelayanan jasa. Untuk mengukur kesejahteraananggota maka dapat dilihat dari pendapatan yang diterima oleh anggota setelahmasuk menjadi anggota koperasi. Hambatan yang dihadapi oleh KPRI Ngesti BinaMulya dalam meningkatkan kesejahteraan adalah kurangnya modal dan kurangnyapartisipasi anggota. Upaya yang dilakukan oleh KPRI Ngesti Bina Mulya dalammeningkatkan kesejahteraan adalah dengan memberikan Sisa Hasil Usaha,memberikan uang kesejahteraan berupa bingkisan lebaran dan uang sidang bagianggota yang ikut dalam RAT, pemberian uang santunan dan beasiswa.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kPRI Ngesti BinaMulya mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga tetapi belum maksimalkarena terbatasnya modal. Hambatan yang dihadapi adalah kurangnya modal danpartisipasi anggota. Upaya yang dilakukan oleh koperasi dalam meningkatkankesejahteraan adalah dengan memberikan kredit kepada anggota, pemberianSHU,pemberian uang kesejahteraan dan melakukan usaha sosial lainnya sepertipemberian tunjangan dan beasiswa.

Saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkankesejahteraan anggota maka koperasi perlu menambah jumlah simpanan wajibanggota dan melakukan penyuluhan tentang koperasi kepada anggota, agar anggotadapat berpartisipasi aktif dalam koperasi.

Download

Peranan KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan Guru SD Se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets