Peranan Oei Tiong Ham Concern bagi Perkembangan Pendidikan masyarakat Tionghoa di kota Semarang Tahun 1900-1945

This item was filled under [ pendidikan sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi jurusan Pendidikan Sejarah: Peranan Oei Tiong Ham Concern bagi Perkembangan Pendidikan masyarakat Tionghoa di kota Semarang Tahun 1900-1945

Pramudiono, Agus, 2007. Skripsi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.

Peneliti sangat tertarik untuk mengkaji permasalahan tersebut karena pada tahun 1900-1945, Semarang lebih banyak mencerminkan wujudnya sebagai kota pelabuhan dan perdagangan. Adanya percampuran kebudayaan serta orang-orang pendatang yang menanamkan modalnya di kota Semarang sampai adanya pendidikan formal yang biasa disebut dengan sekolah.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah latar belakang tentang gambaran umum kota Semarang?, (2) Bagaimanakah kondisi pendidikan di Semarang pada zaman Hindia Belanda?, (3) Peranan Oei Tiong Ham Concern bagi perkembangan pendidikan masyarakat Tionghoa di kota Semarang tahun 1900-1945. Penelitian ini bertujuan: (1) Ingin mengetahui gambaran umum tentang kota Semarang pada tahun 1900an, (2) Ingin mengetahui kondisi pendidikan di kota Semarang tahun 1900an, dan (3) Ingin mengetahui peranan OTHC bagi perkembangan pendidikan masyarakat Tionghoa di kota Semarang Tahun 1900-1945. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian sejarah yaitu dari pemilihan topik, heuristik atau pengumpulan data, analisis sumber data, pelaksanaan prinsip seleksi meliputi sintesis, teoritis dan interprestasi fakta sampai historiografi.
Hasil penelitian bahwa Peranan Oei Tiong Ham Concern terhadap perkembangan pendidikan masyarakat Tionghoa di kota Semarang tahun 1900-1945. Adalah keberhasilan mengangkat mental orang-orang Tionghoa untuk mendapatkan pendidikan dengan mutu yang sama orang Eropa karena selama ini pemerintah Kolonial Belanda menerapkan sistem diskriminasi ras dalam menentukan jenis pendidikan bagi masyarakat Hindia Belanda, ikut memberikan andil dan bantuan yang di wujudkan dengan cara mendirikan CES (Chinese English School) yaitu sekolah menengah Tionghoa pertama dengan pengantar bahasa Inggris di Semarang pada tanggal 15 Maret 1916 yang berlokasi di gang tengah dan akhirnya pindah ke jalan Bodjong yang kini menjadi SMA N 5 Semarang di Jl. Pemuda 143 Semarang, Pemberian bantuan donatur pada HCS (Hollands Chinese School) di Semarang, memberikan bantuan beasiswa bagi murid-murid yang berprestasi di HCS dan juga menyewakan gedungnya yang berada di jalan Traverdoeli dan jalan Sampok untuk HIS (Hollandsce Inlandsche School).

Download

Peranan Oei Tiong Ham Concern bagi Perkembangan Pendidikan masyarakat Tionghoa di kota Semarang Tahun 1900-1945, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets