PERANAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK MENGAMALKAN AGAMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

This item was filled under [ Pendidikan Agama Islam ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (49 votes cast)

Skripsi Pendidikan Agama Islam : PERANAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK MENGAMALKAN AGAMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.

Oleh :
ANDARI NUROCHMAH WISDANINGRUM
9822 2514
BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM
FAKULTAS DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Agar memperoleh gambaran yang lebih tentang maksud dari judul PERANAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI ANAK TENTANG  PENGALAMAN AGAMA, maka terlebih dahulu penulis memberikan  penegasan mengenai istilah-istilah dalam judul  skripsi diatas yaitu sebagai berikut:

1. Peranan

Peranan berasal dari kata dasar “Peran” mendapatkan akhiran “an” artinya: Suatu yang menjadi bagian atau memegang peran utama ( dalam terjadinya suatu peristiwa). Sedangkan maksud peranan dari judul diatas adalah suatu bagian yang diambil atau diperankan oleh orang tua dalam memotivasi anaknya untuk memperoleh pengalaman agama dalam kehidupan sehari-hari.[1]

Peranan yaitu  bagian dari tugas utama yang harus dilaksanakan .[2] Sedangkan  menurut Gross Masson dan Mc Eachem yang dikutip oleh David Barry mendefinisikan peranan sebagai seperangkat hrapan-harapan yang dikenakan kepada individu yang menempati kedudukan sosial tertentu.[3]

Sarjono Arikunto memberi arti peran bagi peranan sebagai perilaku individu atau lembaga yang punya arti bagi struktur sosial.[4]

Maksud dari peranan disini berkaitan dengan peranan orang tua yang membebaskan anaknya untuk dapat menemukan pengalaman beragama yang sangat menarik sehingga dapat menjadi bekal kelak menjadi dewasa nantinya.

2. Anak

Anak dalam bahasa Arab disebut “walad” (           وَلَد  ), yang berati keturunan kedua atau manusia kecil. Anak secara umum dapat diartikan masa tumbuh.[5] Anak adalah seseorang yang berada pada suatu masa perkembangan tertentu dan mempunyai potensi-potensi untuk menjadi dewasa. Anak disini adalah anak kandung yang belum dewasa usia pra sekolah (Taman Kanak- kanak) sampai  usia sekolah (Sekolah Dasar).

3. Orang Tua

Orang Tua yang dimaksud disini adalah ayah dan ibu kandung yang mempunyai fungsi sebagai penanggung jawab pertama dan utama bagi anak. Karena anak merupakan amanat Allah atas orang tua yang harus dibina dan didik sehingga menjadi insan yang sholeh dan sholehah, dan sesuai kodratnya oarng tua merupakan pendidik pertama dan utama dalam kehidupan anak, yang bertanggung jawab atas fitrah yang dibawa anak ketika lahir.

4. Pengalaman   Agama

Pengamalan berasal dari kata  “amal” yang berarti perbuatan atau pekerjaan, mendapat imbuhan  pe-an yang mempunyai arti  hal atau perbuatan yang diamalkan .[6]

Pengamalan adalah 1 Proses ( perbuatan) atau melaksanakan, 2 Proses ( perbuatan) menunaikan ( kewajiban tugas)[7]

Menurut Glock dan Stark ada lima dimensi  keberagamaan yaitu keyakinan

(ideologis), dimensi peribadatan atau praktek (ritualistik), dimensi penghayatan ( eksperiensial), dimensi pengetahuan agama (intelektual).[8]

Jadi pengalaman Agama  Islam adalah proses ( perbuatan) melaksanakan atau menunaikan  kewajiaban yang berupa pengalaman ajaran Agama Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW sebagai Rosul.

Kesungguhan hati ini dapat dilihat melalui dua aspek yaitu aspek lahir dan spek batin. Aspek lahir dapat dilihat melalui ketetapannnya dalam melakukan suatu tindakan atau pekerjaan. Sedang aspek batin terletak pada pemahaman dan penghayatannya terhadap terhadap tindakan atau pekerjaan yang ia lakukan. Keagamaan yaitu segala sesuatu mengenai agama [9].

Dalam judul skripsi ini penulis akan membatasi pembahasan yaitu pengalaman Agama Islam yang akan penulis teliti dalam pengalaman sholat,  pengalaman puasa.

5. SD Muhammadiyah Suronatan

SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta yang terletak dikampung Suronatan adalah sebuah lembaga pendidikan yang dibawah yayasan Muhammadiyah. SD Muhammadiyah  para penerus bangsa dididik  yang  berbasis Muhammadiyah.

Dari pengertian diatas maka penulis menfokuskan pada penulisan skripsi yaitu :   PERANAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI  ANAK MENGAMALKAN AGAMA  DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI, jadi disini penulis ingin menjabarkan anak harus bisa melakukan kegiatan yang berhubungan agama dengan sendirinya, tanpa bantuan lagi orang tua, disini orang tua hanya memantau atau mengingatkan jikalau anak tidak melaksanakan kewajibannya

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

PERANAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK MENGAMALKAN AGAMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI, 4.8 out of 5 based on 49 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

7 Comments on “PERANAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK MENGAMALKAN AGAMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI”

  • Rusdianto
    7 July, 2010, 21:57

    terimah kasih bangat ya…. telah sakijikan materi ini sangat membantu skripsi aqu , sekali lagi terima kasih…

  • barli
    17 September, 2010, 3:34

    terima kasih ya bang mulai dapet bahan neeeh bang

  • 14 October, 2010, 7:52

    wah…jadi asiknih..mau skripsi ada ide untuk buat judul”"

  • zamzami
    18 October, 2010, 3:59

    bang tolong kirim skripsi nya bang………………..

  • Lia
    8 January, 2011, 10:27

    hmmmmmmmmmmmmmmmmmm……………….. makaciiiiiiiiiiiiiH bwuanywak……….

  • Aulia ulfah
    29 March, 2011, 7:48

    Dapat referenci nih…mksh yaa

  • 5 February, 2012, 7:59

    hatur nuhun and terimakasih… atas segalanya ini sangat membantu sekali dalam penyusunan saya…… good luck …..

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets