PERANAN PARTAI POLITIK DALAM PEMBANGUNAN BIDANG SOSIAL EKONOMI DI KABUPATEN GROBOGAN (SUATU TINJAUAN SEBELUM DAN SESUDAH REFORMASI TAHUN 1971 – 1998 S/D 2001)

This item was filled under [ sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN SEJARAH : PERANAN PARTAI POLITIK DALAM PEMBANGUNAN BIDANG SOSIAL EKONOMI DI KABUPATEN GROBOGAN (SUATU TINJAUAN SEBELUM DAN SESUDAH REFORMASI TAHUN 1971 – 1998 S/D 2001)

KRISTY NURDIANA SARI , 2006. Skripsi. JURUSAN SEJARAH .FAKULTAS ILMU SOSIAL ,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Memasuki Orde Reformasi, masyarakat Grobogan mulai melaksanakan kehidupan politik yang lebih baik. Sesuai dengan ketentuan dari pemerintahan pusat, saat ini di Kabupaten Grobogan terdapat 24 Partai Politik dan ini merupakan pertanda bahwa masyarakat Grobogan mampu melaksanakan program-program pembangunan politik secara sempurna. Namun, dalam melaksanakan pembangunan bidang sosial ekonomi masyarakat Grobogan mengalami berbagai kekurangan dan kendala diantaranya adalah letak geografis, Sumber Daya Manusia yang rendah, Sumber Daya Alam yang kurang memadai, dan faktor mental dari masyarakat. Berdasarkan pemikiran tersebut maka disusunlah skripsi yang berjudul “Peranan Partai Politik Dalam Pembangunan Bidang Sosial Ekonomi Di Kabupaten Grobogan (Suatu Tinjauan Sebelum Dan Sesudah Reformasi Tahun 1971-1998 s/d 2001)”.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana kondisi kehidupan partai politik di Kabupaten Grobogan sebelum reformasi tahun 1971-1998 (2) Bagaimana kondisi partai politik di Kabupaten Grobogan pada saat reformasi tahun 1998-2001 (3) Peran partai politik di Kabupaten Grobogan dalam pembangunan bidang sosial ekonomi sesudah reformasi. Adapun tujuan penulis dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui kondisi partai politik di Kabupaten Grobogan sebelum reformasi tahun 1971-1998 (2) Untuk mengetahui kondisi partai politik pada saat reformasi 1998-2001 (3) Untuk mengetahui peran partai politik dalam pembangunan bidang sosial ekonomi di Kabupaten Grobogan sesudah reformasi.
Lokasi penelitian skripsi ini dilakukan di Kabupaten Grobogan dengan batas waktu antara 1971-2001. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah Metode Sejarah (Historical Method), dimana penulis melakukan langkah-langkah sebagai berikut: (1) heuristik (2) melakukan kritik sumber, (3) melakukan interpretasi, dan (4) penulis melakukan pengkajian dalam bentuk karya sejarah yang disusun secara kronologis dan sistematis (Historiografi).
Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut, (1) pada masa Orde Lama hingga Orde Baru kondisi partai politik di Kabupaten Grobogan sangat dipengaruhi oleh kondisi politik nasional yang mengalami berbagai pergolakan. Kondisi tersebut sangat berpengaruh pada sistem kepartaian Indonesia yang berubah-ubah dari multi partai ke penyederhanaan partai, (2) Pada masa reformasi kembali terjadi pemilu multi partai tetapi untuk menjadi peserta pemilu diberlakukan serangkaian syarat yang panjang yang harus dipenuhi oleh xviiicalon partai politik meski begitu tidak menyurutkan antusiasme rakyat untuk medirikan partai politik. (3) Partai politik sangat berperan penting dalam membangun kembali kehidupan sosial ekonomi yang sempat terpuruk akibat krisis multidimensial yang disebabkan oleh krisis ekonomi di tingkat nasional.

Download

PERANAN PARTAI POLITIK DALAM PEMBANGUNAN BIDANG SOSIAL EKONOMI DI KABUPATEN GROBOGAN (SUATU TINJAUAN SEBELUM DAN SESUDAH REFORMASI TAHUN 1971 - 1998 S/D 2001), 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets