Peranan Rumah Damai Dalam Menanggulangi Tindak Pidana Narkotika (Studi Pada Rumah Damai Cepoko Gunungpati-Semarang)

This item was filled under [ Hukum, hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (32 votes cast)

Skripsi Jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Peranan Rumah Damai Dalam Menanggulangi Tindak Pidana Narkotika (Studi Pada Rumah Damai Cepoko Gunungpati-Semarang)

Wibowo, Widy Andrian Suryo. 2007. Skripsi hukum dan kwarganegaraan, Fakultas Ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Penyalahgunaan narkotika merupakan suatu pola penggunaan yang bersifatpatologis, dapat menimbulkan disfungsi sosial dan okupasional, berpengaruhnegatif pada sistem saraf pusat dan dapat menyebabkan ketergantungan.Penyalahgunaan narkotika haruslah menjadi perhatian segenap pihak, karenadisebabkan kecepatannya dan dapat menimbulkan ketergantungan sehinggapenanganan dan penyembuhannya sangat sulit untuk diatasi. Ini terbukti dengantingginya angka relaps (kambuh) tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruhdunia.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakahperanan Rumah Damai Cepoko Gunungpati Semarang dalam menanggulangi tindakpidana narkotika? (2) Bagaimana kendala-kendala yang muncul dan upayapenyelesaiannya dalam penanggulangan tindak pidana narkotika di Rumah DamaiCepoko Gunungpati Semarang? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk memperolehdata dan informasi tentang peranan Rumah Damai Cepoko Gunungpati Semarangdalam menanggulangi tindak pidana narkotika, (2) Mengetahui kendala-kendalayang muncul dan upaya penyelesaiaannya dalam penanggulangan tindak pidananarkotika di Rumah Damai Cepoko Gunungpati Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif yaituprosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis ataulisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini berlokasi di DesaCepoko RT 04/RW 01, Kelurahan Cepoko Kecamatan Gunungpati Semarang.Sumber data diperoleh dari: (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi.Sedangkan objektifitas dan keabsahan data yang digunakan adalah tekniktriangulasi yaitu pemeriksaan keabsahan data dengan cara membandingkan datadatayang diperoleh dari penelitian yang selanjutnya dianalisis secara interaktifmulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data hingga penarikankesimpulan.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Peranan RumahDamai (House of Peace/Hope) Cepoko Gunungpati Semarang dalammenanggulangi tindak pidana narkotika antara lain: a). Membawa mereka ”lahirbaru” maksudnya menghilangkan ketergantungan dari pengaruh narkotika ibarat sipecandu lahir kembali dalam keadaan bersih hatinya, rohaninya dan kesehatannyayang normal, b). Menyembuhkan tubuh dari ketergantungan narkotika maksudnyaRumah Damai (House of Peace/Hope) dalam menyembuhkan para siswa (pecandunarkotika) tidak menggunakan obat-obatan dalam artian dosis pemakaian langsungdiputus, bukan dikurangi perlahan-lahan. Bila ada pecandu yang terikat dengankuasa gelap seperti: mantra, perdukunan atau jimat akan didoakan untuk melepasix
pengaruh tersebut dengan kuasa Tuhan dengan konsep Tuhan Yesus, c). Memberiketrampilan kepada siswa (pecandu narkotika) demi masa depan merekamaksudnya Rumah Damai disamping peranannya untuk menyembuhkan parapecandu dari ketergantungan narkotika selain itu memberikan ketrampilan kepadapara pecandu berupa kursus komputer dan bahasa Inggris yang dilakukan setiaphari Rabu dan Kamis agar kelak bila pecandu sudah sembuh dari ketergantungannarkotika dapat memperoleh pekerjaan-pekerjaan sesuai apa yang dipelajari diRumah Damai. (2) Kendala-kendala yang muncul dan upaya penyelesaiannyadalam penanggulangan tindak pidana narkotika di Rumah Damai (House ofPeace/Hope) Cepoko Gunungpati Semarang antara lain: a. Kendala-kendala yangmuncul dari siswa (pecandu narkotika) di Rumah Damai Cepoko GunungpatiSemarang yaitu: (1) Kendala-kendala yang muncul dalam diri siswa (pecandunarkotika) yaitu: a). Keinginan yang lemah untuk sembuh, b). Bosan berada diRumah Damai, karena tidak bisa hidup bebas, c). Pecandu mempunyai keinginanuntuk segera keluar dari Rumah Damai, d). Karena mental dan ego si pecandulemah dalam menjalani rehabilitasi di Rumah Damai Cepoko GunungpatiSemarang, (2) Kendala-kendala yang muncul dari luar diri siswa (pecandunarkotika) yaitu: a). Dibujuk oleh teman untuk mengkonsumsi narkotika lagi, b).Pertengkaran antar siswa (pecandu narkotika) karena suatu masalah tertentu, c).Pembentukan geng atau kelompok tertentu yang menyebabkan pecahnya kesatuanantar siswa di Rumah Damai, d). Sikap pesimis dari orang tua atau wali siswakarena anaknya belum sembuh dari ketergantungan narkotika. b. Upayapenyelesaiannya untuk mengatasi kendala-kendala yang muncul dalampenyembuhan siswa (pecandu narkotika) di Rumah Damai (House of Peace/Hope)Cepoko Gunungpati Semarang yaitu: (1) Kita timbulkan rasa kesatuan, (2)Perbanyak kegiatan yang bersifat kerjasama, (3) Terus-menerus diajari FirmanTuhan, (4) Dengan metode kasih dan tanpa kekerasan, (5) Mengajak bicara dari hatike hati, (6) Memberikan motivasi bahwa Tuhan sanggup memulihkan, (7)Merangkul sebagai teman yang saling mendukung dalam kasih.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa Peranan RumahDamai (House of Peace/Hope) Cepoko sangat penting dalam menanggulangi tindakpidana narkotika karena dapat menyembuhkan siswa (pecandu) dari ketergantungannarkotika. Berdasarkan penelitian ini, maka penulis menyampaikan saran sebagaiberikut: (1) Hendaknya Pimpinan dan Pembina Rumah Damai (House of Peace)Cepoko Gunungpati Semarang yang peranannya untuk memulihkan ataumenyembuhkan para pecandu narkotika perlu memberikan pelajaran hubungankemasyarakatan yang banyak dalam artian hubungan sosial dengan lingkungansekitarnya kepada para siswa (pecandu) agar setelah siswa keluar dari RumahDamai dapat berinteraksi sosial dengan baik ditempat tinggalnya. (2) Pimpinan danPembina Rumah Damai perlu menambah fasilitas olahraga, perlengkapankomputer, buku-buku bacaan diperpustakaan serta mentor (tenaga pengajar) bahasainggris supaya kelak kalau telah dinyatakan siswa (pecandu narkotika) sembuhmempunyai bekal dan pengalaman hidup berupa keterampilan (skiil) berbahasainggris agar dapat bekerja dan bisa menyesuaikan kehidupan masyarakat ditempattinggalnya.

Download

Peranan Rumah Damai Dalam Menanggulangi Tindak Pidana Narkotika (Studi Pada Rumah Damai Cepoko Gunungpati-Semarang), 5.0 out of 5 based on 32 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets