Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) At-Thohiriyah Desa Klampok Kecamatan Purworejo-Klampok Kabupaten Banjarnegara dalam Pembinaan Akhlak Anak

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (114 votes cast)

Skripsi jurusan hukum dan kwarganegaraan : Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) At-Thohiriyah Desa Klampok Kecamatan Purworejo-Klampok Kabupaten Banjarnegara dalam Pembinaan Akhlak Anak

Mulyati. 2005. Jurusan hukum dan kwarganegaraan, FakultasIlmu sosial. Universitas Negeri Semarang.

Pada hakekatnya anak adalah amanat Allah SWT yang dipercayakan kepada setiap orang tua. Oleh karena itu, wajib bagi orang tua untuk mengemban amanat tersebut dengan baik dan penuh tanggung jawab, salah satunya dengan cara mengasuh dan mendidik anak-anak dengan baik dan benar. Pendidikan anak-anak sejak kecil harus mendapat perhatian terutama dalam pendidikan akhlak agar anak mereka tidak menjadi anak-anak yang lemah iman dan tumbuh dewasa menjadi generasi yang soleh dan solekhah. Untuk melaksanakan pendidikan ini tidak hanya terletak pada lembaga formal (sekolah) tapi terutama keluarga dan juga lembaga-lembaga pendidikan di lingkungan masyarakat, misalnya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).

Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) At-Thohiriyah Desa Klampok dalam pembinaan akhlak anak?, (2) Faktor-faktor apakah yag mempengaruhi pembinaan akhlak yang dilaksanakan di TPA? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam membina akhlak anak serta mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam pembinaan akhlak tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengambil lokasi di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) At-Thohiriyah Desa Klampok Banjarnegara. Fokus dalam penelitian ini adalah Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam melaksanakan pembinaan akhlak anak serta faktor pendorong dan penghambat pembinaan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Pengasuh / Ustadz dan santri TPA At-Thohiriyah, orang tua santri dan tokoh masyarakat. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi sumber sedangkan metode analisis data yang dipakai yaitu model analisis interaktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan TPA dalam pembinaan akhlak anak dilakukan melalui bimbingan keagamaan yang terkait dengan penyampaian materi pelajaran, penggunaan metode, dan pelaksanaan kegiatan. Materi pelajaran yang disampaikan terdiri dari materi pokok dan materi tambahan. Metode pembinaan akhlak dilakukan secara privat (perorangan) dan klasikal (kelompok) yang dilakukan baik dalam penyampaian materi maupun dalam penyelesaian masalah yang dihadapi santri melalui nasihat dan sanksi. Sedangkan kegiatan pembinaan akhlak dilakukan rutin setiap hari melalui kegiatan belajar mengajar dan juga melalui kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar. Pembinaan akhlak anak dilakukan dengan melatih dan membiasakan anak untuk bersikap dan berperilaku hormat, kedisiplinan, kejujuran, ail, murah hati, dan berani. Sehingga diharapkan nantinya menjadi anak yang saleh dan salekhah. Faktor pendorong pembinaan akhlak di TPA At-Thohiriyah terdiri dari dukungan orang tua, motivasi anak untuk mengikuti TPA, dan lingkungan masyarakat yang menyambut gembira keberadaan TPA. Sedangkan faktor penghambat pembinaan akhlak terdiri dari tingkat sosial ekonomi dan tingkat pendidikan orang tua/masyarakat yang relatif masih rendah, serta keterbatasan tenaga pengajar.

Saran yang disampaikan dalam penelitian ini yaitu bagi TPA hendaknya menguasai manajemen penyelenggaraan TPA dengan baik, penyuluhan yang dilakukan TPA kepada masyarakat hendaknya untuk lebih ditingkatkan lagi. Bagi orang tua santri dan masyarakat hendaknya terus meningkatkan dukungan terhadap keberadaan TPA baik dukungan material maupun spirituil. Bagi anak/santri hendaknya mengikuti pembinaan dengan sungguh-sungguh dan rajin serta membantu kelancaran pembinaan dengan cara menjalankan hak dan kewajiban sesuai peraturan di TPA.

Download

Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) At-Thohiriyah Desa Klampok Kecamatan Purworejo-Klampok Kabupaten Banjarnegara dalam Pembinaan Akhlak Anak, 4.8 out of 5 based on 114 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets