Perancangan Program Pemutaran Lagu MP3 dengan ActiveX Object

This item was filled under [ Teknik Informatika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (24 votes cast)

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Komputer merupakan suatu terobosan teknologi yang dapat diandalkan disegala bidang sehingga sangat membantu manusia dalam melakukan aktivitas Ini terlihat dari segala bentuk hasil kemajuan teknologi komputer, baik itu dalam bidang kedokteran, engineering, otomotif, musik dan juga dalam kemajuan teknologi komputer itu sendiri yang terus mengadakan inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan kemampuannya sehingga komputer sering menjadi klien bagi manusia.
Kemajuan teknologi komputer bukan hanya memberi kemudahan bagi manusia untuk melakukan aktivitas saja tetapi juga dapat memberikan hiburan yang telah tersaji di dalamnya sehingga dapat di gunakan bersamaan sambil melakukan aktivitas pekerjan yang sering disebut sebagai teknologi Multimedia.
Terkadang pekerjaan yang menumpuk dapat membuat manusia jenuh dan lelah dalam pengerjaannya sehingga harus membutuhkan sesuatu yang dapat membantu mengurangi rasa jenuh tersebut misalnya mendengarkan lagu–lagu kegemaran sambil mengerjakan pakerjaan tanpa harus menyalakan alat elektronika pemutar lagu lainnya yang dapat menghentikan aktivitas pekerjaan dan mengganggu penghematan waktu untuk dapat menikmati lagu-lagu tersebut.
Atas hal inilah penulis akan membahas tentang perancangan pemutar lagu MP3 (Winamp) yang diantaranya menyajikan lagu yang akan memberikan
hiburan di dalam melakukan activitas pekerjaan yang dapat mengurangi kejenuhan dengan penghematan waktu tanpa harus menyalakan alat elektronika pemutar lagu lainnya. Adapun judul tugas akhir ini adalah “Perancangan Program Pemutaran Lagu MP3 dengan ActiveX Object”.

Identifikasi Masalah
Penulisan tugas akhir ini tidak akan menyimpang dari judul yang ditetapkan serta sesuai dengan maksud yang disampaikan, apabila masalah dapat didentifikasikan dengan baik yaitu :
1. Bagaimana merancang program pemutaran lagu MP3 dengan ActiveX Object?
2. Apakah bahasa pemrograman yang digunakan dapat membuat program aplikasi pemutaran lagu MP3?
3. Apa saja perangkat keras yang diperlukan dalam implementasi program pemutaran lagu MP3 ini?

Batasan Masalah
Pada penulisan ini, penulis memberikan batasan-batasan pembahasan yang bertujuan untuk menghindari terjadinya penyimpangan pembahasan dalam penulisan ini. Maka batasan permasalahan dalam perancangan program pemutaran lagu MP3 dengan ActiveX Object ini hanya bisa digunakan untuk memutar lagu dalam format MP3 saja dan menggunakan bahasa pemrograman visual basic 6.0. Pembahasan tentang perancangan pemutaran lagu MP3 ini masih bersifat sederhana dan untuk selanjutnya dalam tugas akhir ini akan digunakan istilah Winamp, untuk mempermudah dalam pengertian dan pembahasan masalah.

Maksud dan Tujuan
Maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk memahami bagaimana merancang Winamp dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic 6.0. serta langkah-langkah perancangannya.
Tujuannya adalah untuk memahami penggunaan visual basic 6.0. dalam merancang Winamp, juga sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan pendidikan program studi sarjana pada Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.
Manfaat Penulisan
Manfaat yang diharapkan dalam penulisan tugas akhir ini adalah :
1. Bagi penulis
Untuk menerapkan ilmu yang di dapat selama di bangku kuliah dalam praktek yang sebenarnya.
2. Bagi Akademis
Tugas akhir ini diharapkan dapat menjadi acuan dan dorongan bagi akademis untuk dijadikan tolak ukur dan keberhasilan selama dalam mendidik dan membekali ilmu bagi penulis sebelum terjun langsung ke masyarakat.

3. Bagi Industri
Sebagai masukan bagi teknologi informasi dalam dunia multimedia sebagai perangkat lunak pemutar file musik.

Metode Penelitian
Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan metode penelitian sebagai berikut:
1. Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Metode ini penulis gunakan untuk memperoleh data sekunder dengan membaca buku, tulisa-tulisan ilmiah, majalah-majalah, dan artikel-artikel yang berhubungan dengan objek yang diteliti.
2. Penelitian Lapangan (Field Research)
Metode ini digunakan oleh penulis untuk memperoleh data primer, di mana penulis secara langsung mengamati objek yang diteliti yaitu perangkat lunak Winamp sebagai bahan perbandingan dalam penulisan tugas akhir ini.
3. Penelitian Laboratorium
Penelitian yang dilakukan langsung di laboratorium untuk memperoleh hasil dan analisis terutama tentang hal-hal yang berkaitan dengan topik yang dibahas dalam tugas akhir ini.
Sedangkan spesifikasi kebutuhan hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak dan brainware (pemakai) dalam penerapan Perangkat Lunak Pemutaran Lagu Mp3 ini adalah sebagai berikut:
1. Perangkat Keras (Hardware)
a. Micro Processor Pentium IV
b. Harddisk untuk tempat sistem beroperasi dan sebagi media penyimpanan data.
c. Memory minimal 128 Mega Byte
d. Monitor Super VGA
e. Mouse dan Keyboard
f. Audio Visual
2. Perangkat Lunak (Software)
a. Sistem operasi yang digunakan minimal harus Microsoft Windows XP atau Microsoft Windows NT.
b. Anti Virus untuk mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan sistem yang disebabkan oleh virus-virus yang masuk baik dari disket maupun media input lainnya.
3. Perangkat Manusia atau Pemakai (Brainware)
a. Orang yang mengerti cara mengoperasikan komputer
b. Orang yang memiliki sistem kerja yang teliti

Sistematika Penulisan
Pada penulisan tugas akhir ini yang merupakan sumber penulisan diperoleh berdasarkan buku-buku yang menyangkut pembahasan tentang perancangan program pemutar lagu MP3 menggunakan bahasa pemrograman visual basic 6.0. sehingga bisa menciptakan sebuah perangkat lunak pemutar lagu MP3 yang mendekati kualitas Winamp.
Adapun penulis menguraikan tentang sistematika penulisan adalah sebagai berikut:
PENDAHULUAN
Berisikan tentang latar belakang, identifikasi masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode penelitian, serta sistematika penulisan.
LANDASAN TEORITIS
Berisikan tentang pengertian perancangan, pengertian komputer, flowchart, memanfaatkan control windows media player
PEMBAHASAN
Berisikan tentang perancangan form untuk tampilan Winamp, yang terdiri dari form main, form list, form cari, form about, form skin, form splash, dan form MP3Info, serta tampilan form equalizer, tampilan form direktori, tampilan form about, tampilan form cari, tampilan form list, tampilan form main, tampilan form skin, tampilan form splash, tampilan form mp3 info, dan tampilan Winamp hasil perancangan menggunakan visual basic 6.0.
PENUTUP.
Pada bab ini berisi kesimpulan dan saran.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini
Download di sini

Perancangan Program Pemutaran Lagu MP3 dengan ActiveX Object , 5.0 out of 5 based on 24 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

3 Comments on “Perancangan Program Pemutaran Lagu MP3 dengan ActiveX Object”

  • Iphal
    25 February, 2011, 10:24

    Salam Kenal….!
    Terima kasih undah mengapload Tulisan yang bertitel “Perancangan Program Pemutaran Lagu MP3 dengan ActiveX Object”. Saya udah download tapi ga semua bisa dibuka. FIle yg rusak yakni: Pembahasan dan Penutup. Aku da coba recovery & Repair tp ga lengkap hasilnya, gambar-gambarnya ga dapat diperbaiki.Aku butuh file tersebut dan kalo Mbak Dian berkenan, tolong kirim file aslinya ke email saya.terima kasih. Penting.

  • vio
    27 September, 2011, 2:30

    tolong dong mba, file nya ko rusak. bisa minta di kirim ke email saya, thank’s.

  • arie
    14 January, 2012, 18:43

    filenya rusak….tolong mbak krim filenya ke email saya…saya perlu banget….trims

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets