Perangkat Lunak Bantu Penyelesaian Masalah State and Space

This item was filled under [ Komputer dan Informatika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (126 votes cast)

Skripsi Komputer : Perangkat Lunak Bantu Penyelesaian Masalah State and Space

State merupakan representasi suatu keadaan pada suatu saat ataupun dekripsi konfigurasi sistem. State and space adalah semua state yang mungkin dan biasanya digambarkan sebagai jaringan dengan verteks merupakan state dan edge merupakan perubahan yang mungkin. Representasi state and space memungkinkan definisi formal suatu masalah sebagai persoalan dengan mengubah status dengan menggunakan sekumpulan operator (rule) dan juga mendefinisikan masalah sebagai search yaitu mencari lintasan di dalam state and space dari initial state ke goal state. Salah satu problema yang terdapat dalam state and space ini adalah Farmer’s problem (problema petani) yang dapat didekripsikan sebagai berikut, seorang petani akan menyeberangkan seekor kambing, seekor serigala dan sayur-sayuran dengan sebuah rakit yang melalui sungai.

Rakit hanya mampu memuat petani dan satu penumpang yang lain (kambing, serigala atau sayur-sayuran). Jika ditinggalkan oleh petani tersebut, maka sayur-sayuran akan dimakan oleh kambing dan kambing akan dimakan oleh serigala dan hanya petani yang dapat mengemudikan rakit.

Problema ini akan dimodifikasi sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan semua persoalan yang hampir mirip dengan problema ini. Problema ini dapat diselesaikan dengan menggunakan tahapan-tahapan berikut ini. Tahapan pertama dimulai dari identifikasi ruang keadaan (state and space) yaitu dengan mendeklarasikan permasalahan ini dengan menentukan variabel-variabel yang terdapat dalam problema ini. Misalkan variabel yang terdapat dalam Farmer’s problem adalah petani, kambing, serigala dan sayur-sayuran. Kemudian, tentukan aturan-aturan yang terdapat dalam problema, dalam Farmer’s problem terdapat aturan bahwa serigala akan memakan kambing apabila petani tidak berada di tempat, kambing akan memakan sayuran apabila petani tidak berada di tempat, dan hanya petani yang dapat mengemudikan rakit. Kondisi awal adalah semua variabel masih terdapat pada tepi sungai kiri dan kondisi tujuan adalah semua variabel berada pada tepi sungai sebelah kanan. Problema diselesaikan dengan menggunakan bantuan pohon pelacakan. Kondisi-kondisi (state) yang mungkin digambarkan dalam struktur pohon dengan dimulai dari kondisi awal (start state) sebagai akar dari pohon. Proses dilanjutkan dengan menggambarkan kondisi (state) berikutnya yang dapat dibentuk dari state tersebut. Proses berlanjut hingga didapatkan kondisi tujuan (goal state) atau tidak terdapat kondisi baru yang dapat dikembangkan.

Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin merancang suatu perangkat lunak dengan judul ‘Perangkat Lunak Bantu Penyelesaian Masalah State and Space’.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

Perangkat Lunak Bantu Penyelesaian Masalah State and Space, 4.7 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets